Tips Mengatasi Ingatan Masa Lalu yang Mengganggu Saat Hendak Tidur

JABAR EKSPRES – Mengapa selalu teringat masa lalu saat hendak tidur? Apakah ada tips untuk mengatasinya, jika ada bagaimana tips mengatasi ingatan masa lalu tersebut?

Pada dasarnya, daya ingat manusia terbagi menjadi daya ingat jangka pendek dan jangka panjang. Informasi yang dianggap penting akan disimpan dalam daya ingat jangka panjang dan dapat diakses saat dibutuhkan.

Baca juga : Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Vape

Ingatan mengenai hal-hal negatif cenderung lebih detail dibandingkan dengan ingatan masa lalu tentang hal-hal positif.

Selama kita sibuk melakukan berbagai aktivitas seperti belajar, bekerja, dan berinteraksi dengan orang lain, pikiran kita terfokus pada kegiatan tersebut sehingga mungkin tidak terlalu memikirkan hal lain.

Namun, ketika menjelang tidur, aktivitas kita cenderung berkurang dan kita tidak lagi terlibat dalam aktivitas yang membutuhkan konsentrasi penuh.

Saat itulah ingatan tentang peristiwa masa lalu mungkin muncul.

Untuk mengatasi hal ini, kita perlu mengevaluasi ingatan apa yang selalu muncul. Apakah itu ingatan yang sama setiap kali atau berbeda-beda? Apakah ingatan tersebut mengandung muatan emosi tertentu? Sejauh mana ingatan masa lalu tersebut mengganggu kita?

Jika ingatan-ingatan masa lalu ini muncul secara tidak terkendali dan mengganggu tidur atau fungsi kita, sebaiknya segera berkonsultasi dengan profesional di bidang kesehatan mental.

Sementara menunggu konsultasi, kita dapat menjalani gaya hidup yang sehat, seperti menjaga pola makan, berolahraga, dan berjemur secara teratur.

Baca juga : Manfaat Cengkeh untuk Mengatasi Asam Lambung dan Cara Mengonsumsinya

Mengatur tidur dengan baik juga penting, termasuk menghindari penggunaan nikotin, kafein, dan alkohol.

Kita juga dapat berbicara tentang hal ini dengan orang yang kita percaya untuk mungkin mendapatkan lega dan ketenangan.

Dengan tips di atas di harapkan kamu dapat mengatasi ingatan saat hendak tidur dengan cepat.

Tinggalkan Balasan