Berikut Sekolah Kedinasan Gratis di Indonesia, Langsung Jadi ASN

JABAR EKSPRES – Di Indonesia, terdapat beberapa sekolah kedinasan gratis yang lulusannya memiliki kesempatan langsung bekerja sebagai aparatur sipil negara (ASN). Sekolah-sekolah ini telah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu dan telah melahirkan banyak lulusan berkualitas yang siap melayani bangsa dan negara.

Salah satu sekolah kedinasan gratis yang terkenal adalah Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). IPDN merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). IPDN memiliki fakultas politik pemerintahan, manajemen pemerintahan, dan perlindungan masyarakat. Lulusan IPDN memiliki kesempatan untuk mengisi formasi PNS di pemerintahan, baik di tingkat kementerian maupun pemerintah daerah. IPDN memiliki beberapa kampus di Jawa Barat, Sumatera Barat, Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Baca Juga: 15 Universitas Terbaik di Jakarta Bagi Calon Mahasiswa Baru!

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), yang kini dikenal sebagai Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, juga merupakan salah satu sekolah kedinasan gratis. STAN berada di bawah naungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). STAN menawarkan program studi D3 dan D4 di bidang akuntansi, pajak, kebendaharaan negara, manajemen aset, dan lainnya. Lulusan STAN menjadi kader pengelola keuangan negara di Departemen Keuangan dan instansi pemerintah.

Selain itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga memiliki sekolah kedinasan gratis. Awalnya dikenal sebagai Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG), BMKG menawarkan program studi D4 di bidang meteorologi, klimatologi, geofisika, dan instrumentasi. Lulusan BMKG memiliki kesempatan untuk menjadi ASN golongan 3A dengan mendapatkan pelatihan semi militer untuk meningkatkan kedisiplinan.

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) adalah sekolah kedinasan lainnya yang didirikan untuk kepentingan intelijen. STIN menawarkan program studi S1 dalam berbagai bidang seperti agen intelijen, teknologi intelijen, cyber intelijen, dan ekonomi intelijen. STIN merupakan tempat bagi mereka yang berminat menjadi bagian dari dunia intelijen.

Terakhir, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang sudah berdiri sejak tahun 1958 di bawah Badan Pusat Statistik (BPS). STIS menawarkan program studi D3 dan D4 dalam bidang statistika dan komputasi statistik. Lulusan D3 STIS memiliki kesempatan untuk menjadi calon aparatur sipil negara (CASN) golongan II/C di BPS di seluruh Indonesia, sementara lulusan D4 dapat menjadi CASN golongan III/A di BPS, kementerian, lembaga, atau instansi lainnya di seluruh Indonesia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan