Mau Unduh Sertifikat Haji 2023? Ini Caranya

JABAR EKSPRES – Bagi para jemaah haji yang belum mengetahui cara untuk mengunduh atau download sertifikat haji, maka bisa simak di sini ya.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah mengumumkan bahwa jemaah haji sekarang dapat mengunduh sertifikat penyelesaian haji 2023 melalui aplikasi Nusuk.

Apa itu aplikasi Nusuk? Aplikasi yang disediakan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi untuk melayani jemaah dalam proses umrah dan haji.

BACA JUGA: Dua Jemaah Haji Asal Bandung Barat Meninggal Dunia di Mekah, Kemenag KBB Ungkap Kondisinya

Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan jemaah haji dalam mengajukan e-Visa, memesan hotel dan penerbangan, serta mengajukan tasrih untuk Raudhah.

Sebagai informasi, haji 2023 merupakan haji pertama setelah pemerintah Arab Saudi mencabut pembatasan jumlah dan usia jemaah yang sebelumnya diterapkan untuk mengendalikan penyebaran Covid-19.

Terdapat 1,6 juta jemaah haji yang berasal dari luar Kerajaan Arab Saudi melaksanakan ibadah haji tahun ini. Sementara itu, lebih dari 180 ribu jemaah haji berasal dari dalam negeri.

BACA JUGA: Ciri-ciri Haji Mabrur yang Bisa Dilihat Setelah Berhaji

Berikut ini adalah cara mengunduh sertifikat penyelesaian haji 2023 melalui aplikasi Nusuk, sebagaimana dijelaskan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi:

  1. Unduh aplikasi Nusuk melalui App Store atau Play Store, sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan. Aplikasi ini memiliki simbol Ka’bah di tengahnya.
  2. Pilih ‘View Card’ di halaman utama.
  3. Pilih opsi ‘to issue a Haj completion certificate’.
  4. Pilih desain sertifikat yang kamu suka.
  5. Klik ‘Issue Certificate’.

Bagaimana? Mudah sekali bukan? Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan