Anak Muda Kelola Usaha hingga Naiknya Perekonomian Cirebon, Wagub Uu: Kita Dukung dan Motivasi!

JABAR EKSPRES, CIREBON – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengapresiasi para kawula muda yang ada di BTN Kedungbunder Indah, Desa Kedungbunder, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon. Pasalnya mereka aktif mengelola usaha guna memajukan perekonomian warganya.

Uu datang ke kampung tersebut dalam rangka memenuhi undangan prosesi wisuda santri angkatan 18 dan 19 TK dan TKQ MDTU Nurul Haq, Minggu (11/6/2023). Kedatangannya disambut antusias para orang tua murid dan warga.

Dalam sambutannya Wagub Uu mengatakan, masyarakat BTN Kedungbunder Indah mampu membuktikan tak hanya menyelenggarakan pendidikan formal dan ilmu agama saja, melainkan menerapkan prinsip hidup mandiri dengan cara berwirausaha dan bertanggung jawab.

Baca juga: Keceriaan Anak SD Bersama Polisi di Momen Simulasi Pengamanan Pemilu

“Seperti yang kita lihat sekarang ini. Mengajarkan anak-anak kita untuk berperilaku jujur dalam menjalankan usahanya sebagai bentuk implementasi secara langsung dalam kehidupan sehari-hari bermasyarakat seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW,” kata Pak Uu, panggilan akrab, Wagub Uu.

Menurut Uu, potensi wirausaha tidak tumbuh di semua orang. Seringkali anak muda merasa gengsi dan malu untuk berwirausaha. “Nah kalau anak sudah menunjukkan bakat, potensi dan ketertarikannya dalam berwirausaha, maka sudah sepatutnya kita dukung dan motivasi,” tegasnya.

Ia berpendapat, sebagai orang tua tidak boleh memaksa kehendak setiap anak. Namun, memberikan arahan dan masukan. “Selebihnya biar anak yang menentukan,” ucapnya.

Sementara dalam hal pendidikan, Wagub Uu menekankan akan pentingnya generasi muda memiliki iman dan takwa yang kuat. Menurutnya, setiap bidang keilmuan dapat mendatangkan ladang amal yang terus mengalir tak habis-habisnya.

“Madrasah, TK, TKQ, MDTU, membekali jiwa anak. Menghidupkan Alquran pada diri anak. Sebab, kecerdasan saja belum cukup,” ujarnya.

“Anak-anak kita wajib dibekali dengan iman dan takwa sekaligus akhlak yang mulia agar terbentuk generasi muda yang unggul di segala bidang. Serta memiliki karakter yang kuat agar tidak mudah terbawa arus negatif,” pungkasnya.

Koordinator Yayasan lembaga Pendidikan Nurul Haq Muhaimin mengucapkan terima kasih kepada Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum yang telah memotivasi masyarakat Kedungbunder. Ia menilai, Wagub Jabar sangat perhatian terhadap dunia pendidikan Islam dan UMKM.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan