5 Contoh Hukuman MPLS yang Mendidik Tanpa Kekerasan!

JABAR EKSPRES –  Simak informasi mengenai 5 contoh hukuman saat MPLS yang mendidik tanpa kekerasan yang tersedia dalam artikel ini.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS merupakan kegiatan yang umumnya diterapkan pada awal tahun ajaran baru. Kegiatan ini harus dilakukan oleh setiap peserta didik baru saat pertama kali masuk sekolah.

MPLS menjadi kegiatan yang dilakukan oleh sekolah guna menyambut peserta didik baru, hingga sarana untuk mengenalkan berbagai aktivitas dan lingkungan sekolah kepada mereka.

Kegiatan MPLS berlaku dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).  Sebelumnya kegiatan ini dikenal dengan istilah Masa Orientasi Siswa (MOS) hingga kemudian diganti.

Kegiatan MPLS umumnya memiliki berbagai acara. Jika siswa-siswi yang melanggar aturan MPLS yang sudah ditetapkan biasanya akan dikenakan hukuman. Namun, untuk menghindari kekerasan saat MPLS, berikut 5 contoh hukuman mendidik yang bisa diterapkan.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Game Indoor untuk MPLS, Dijamin Seru dan Heboh!

5 Contoh Hukuman MPLS Mendidik

Memperkenalkan diri di depan kelas

Hal ini bisa dilakukan sebagai salah satu hukuman yang mendidik. Pasalnya selain bisa menanyakan alasan mengapa siswa tersebut melanggar juga bisa menjadi sarana pembelajaran agar siswa dapat berani tampil kedepan, bercerita, dan mengakui kesalahannya.

Membuat suatu karya

Hukuman ini juga dapat menjadi sarana yang meningkatkan kreativitas siswa. Misalnya siswa yang melanggar dapat disuruh untuk membuat karya yang nantinya bisa dipajang di kelas dan sebagainya.

Membuat pantun atau puisi

Membuat pantun atapun puisi dengan tema permohonan maaf atau yang lainnya bisa menjadi contoh hukuman MPLS yang mendidik.

Baca Juga: 5 Contoh Yel Yel MPLS 2023 (Mudah Lucu dan Unik)

Menghafal nama-nama teman atau guru

Karena merupakan kegiatan pengenalan sekolah, maka hukuman yang satu ini juga bisa diterapkan. Karena membuat siswa yang melanggar aturan MPLS dapat lebih mengenal teman-teman hingga gurunya di sekolah.

Membacakan tata tertib sekolah di depan kelas

Hukuman terakhir tanpa kekerasan yang bisa diterapkan adalah membacakan tata tertib sekolah. Hal ini akan membantu siswa lainnya juga untuk lebih mengetahui tata tertib di sekolah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan