Wow! Dibangun 12 Tahun, Tol Cisumdawu Jadi Tol Pertama di Indonesia yang Miliki Twin Tunnel

JABAR EKSPRESTol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin, 11 Juli 2023 hari ini. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi membeberkan fakta mengenai Tol Cimsumdawu.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menegaskan bahwa Tol Cimsumdawu sudah diresmikan pada hari ini Senin, 11 Juli 2023 dan sudah mulai dioperasikan. Kemudian ia juga mengatakan bahwa Tol sepanjang 61,6 kilometer tersebut menghubungkan Kota Bandung melalui Tol Cipiularang ke Tol Cipali.

Tidak hanya itu, pada kesempatan tersebut Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa Jalan Tol Cimsumdawu sudah dibangun selama 12 tahun.

BACA JUGA: Pembangunan Tol Cisumdawu dan Bandara Kertajati Harusnya Rampung Bersamaan, Presiden Jokowi Ungkap Kendalanya

“Pada hari ini Jalan Tol Cisumdawu sudah selesai dan siap untuk dioperasikan. Jalan tol ini menghubungkan Kota Bandung melalui Tol Cipularang, ke Tol Cipali,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya di acara peresmian, dikutip JabarEkspres.com pada Selasa, 11 Juli 2023.

Orang nomor satu di Indonesia tersebut mengungkapkan bahwa pembangunan Tol yang satu-satunya memiliki terowongan kembar di Tanah Air itu sudah dimulai sejak tahun 2011 lalu.

BACA JUGA: Tak Jadi di Gerbang Ujungjaya, Lokasi Peresmian Tol Cisumdawu Pindah ke Terowongan Kembar

“Dan supaya kita semuanya tahu Jalan Tol Cisumdawu ini sudah dimulai dibangun itu tahun 2011. Artinya, sudah 12 tahun,” katanya, menegaskan.

Terkait lamanya waktu pembangunan, lanjut Jokowi disebabkan beberapa faktor. Salah satunya soal pembebasan lahan dan pengerjaan dua terowongan yang panjangnya mencapai 472 meter.

Ia pun mengatakan bahwa Cisumdawu merupakan satu-satunya Tol yang memiliki twin tunnel atau terowongan kembar. Bahkan Tol Cimsumdawu juga dinilai merupakan Tol yang memiliki keunikan.

“Memang banyak problem di lapangan, utamanya urusan pembebasan lahan, pembebesan tanah. Dan kita berada di terowongan kembar, twin tunnel, yang panjangnya ini.

Di seluruh Indonesia tidak ada. Jalan tol yang melewati dua terowongan seperti yang kita lihat pagi ini,” katanya.

Sementara itu, Presiden Jokowi membeberkan bahwa anggaran pembangunan Tol Cimsumdawu sepanjang 61,6 km tersebut menghabiskan anggaran Rp18,3 triliun. Dana dari pemerintah Rp9,07 triliun, sisanya dari KPBU dari swasta.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan