Kim Yo-jong Ancam Militer Amerika Serikat

JABAR EKSPRESKim Yo-jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, mengancam militer Amerika Serikat pada hari Selasa bahwa mereka akan menghadapi “penerbangan yang sangat berbahaya” jika “menerobos ilegal” wilayah udara Korea Utara.

Ancaman ini disampaikan melalui laporan dari Kantor Berita Sentral Korea Utara (KCNA), beberapa jam setelah Kim Yo-jong mengeluarkan pernyataan pada hari Senin yang menuduh pesawat mata-mata AS memasuki zona ekonomi eksklusif Korea Utara pada pagi hari itu.

Dalam pernyataan tertulis berbahasa Inggris yang dilaporkan oleh KCNA, Kim mengatakan bahwa dia telah memperingatkan sebelumnya tentang tindakan balasan yang akan dilakukan oleh militer Korea Utara dengan otorisasi jika ada pelanggaran wilayah udara Korea Utara yang terjadi lagi.

BACA JUGA: Amerika Serikat Diserang Asap Kebakaran Hutan di Kanada

Juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Utara juga telah menuduh pesawat mata-mata AS menerobos wilayah udaranya baru-baru ini dan mengancam akan menembak jatuh pesawat semacam itu tanpa jaminan keamanan.

Dalam pernyataan terbarunya, Kim Yo-jong mengklaim bahwa pesawat pengintai AS telah menerobos “zona perairan ekonomi” dan melakukan “tindakan mata-mata udara”. Menurutnya, penerbangan pengawasan AS ini melanggar batas kedaulatan Korea Utara. Kim juga mengancam bahwa militer Korea Utara akan mengambil tindakan balasan atas pelanggaran semacam itu.

Dia juga mengkritik Korea Selatan karena campur tangan dalam masalah ini, menyatakan bahwa masalah ini adalah “antara Militer Rakyat Korea dan pasukan AS” dan meminta Korea Selatan untuk “berhenti bertindak tidak sopan dan segera diam”.

BACA JUGA: Amerika Kecam Pembakar Kitab Suci Al-Quran di Swedia, Sebut Pelaku Kurang Ajar

Militer Korea Selatan menyangkal tuduhan bahwa mereka telah melanggar wilayah udara Korea Utara dan menyebut penerbangan aset pengawasan udara AS di sekitar Semenanjung Korea sebagai bagian dari kegiatan pengawasan rutin. Para ahli menganggap bahwa Korea Utara menekankan bahwa masalah penerbangan pengawasan AS adalah masalah antara Pyongyang dan Washington, dan mereka tidak ingin melibatkan Korea Selatan dalam isu yang terkait dengan Semenanjung Korea.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan