Daftar Harta Karun Indonesia Yang Dikembalikan Belanda, dari Mulai Berlian Hingga Keris

JABAR EKSPRES – Berikut ini adalah informasi tentang daftar harta karun Indonesia yang dikembalikan Belanda, dari mulai Berlian hingga Keris.

Akhirnya, setelah menikmati hari-hari terakhir di Museum Volkenkunde di Leiden, Belanda, artefak dan arca-arca kerajaan Singasari telah pulang ke tanah air pada 10 Juli kemarin.

Setelah menghabiskan 23 tahun di Belanda, koleksi-koleksi berharga ini secara resmi dipulangkan. Acara penyerahan yang berlangsung pada Selasa (11/7) dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Gunay Uslu yang dengan tegas memutuskan untuk mengembalikan dokumen-dokumen tersebut.

Mayoritas artefak yang kembali ke Indonesia merupakan bagian dari “De Lombokschat” atau harta karun Lombok, yang direbut oleh tentara Hindia Belanda pada tahun 1894 di pulau Lombok. Harta karun ini terdiri dari berbagai koin emas dan perak, batu permata, serta ornamen indah.

Baca Juga: Swedia Segera Merapat dengan NATO Usai Insiden Pembakaran Al-Qur’an, Begini Sikap Presiden Erdogan

Emas dan perak sebagian besar telah dilebur dan ditampilkan di Rijksmuseum, Amsterdam, dan Museum Etnologi, Leiden. Salah satu artefak yang paling menarik dalam harta karun Lombok adalah berlian seberat 75 karat. Ternyata, ini bukan kali pertama Belanda mengembalikan barang rampasannya. Pada tahun 1977, lebih dari 240 benda yang termasuk dalam timbunan tersebut juga telah dikembalikan.

Tidak hanya “De Lombokschat”, Belanda juga akan mengembalikan keris Klungkung dari Bali dan sejumlah arca yang bernilai. Selain itu, koleksi Pita Maha yang dibuat di Bali pada tahun 1940-an juga akan kembali ke tanah air. Namun, setelah kemerdekaan Indonesia, koleksi tersebut tetap menjadi kepemilikan Belanda.

Baca Juga: Waduh, Jakarta Bakal Jadi Tempat Pertemuan Komunitas LGBT Se-ASEAN, Ada Apa?

Secara singkat, berikut adalah jenis-jenis artefak yang akan dikembalikan oleh Belanda ke Indonesia:

  1. Harta Karun Lombok yang terdiri dari 355 benda dari Lombok.
  2. Empat patung dari Singasari.
  3. Satu keris dari Klungkung.
  4. Koleksi Pita Maha yang terdiri dari 132 benda dari Bali.

Itulah info tentang daftar harta karun Indonesia yang dikembalikan Belanda, jadi bagaimana menurutmu?

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan