Diresmikan RI 1! PT CKJT Pastikan Kondisi Ruas Tol Cisumdawu Sudah 100 Persen Selesai

JABAR EKSPRES – Pembukaan ruas jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi – Sumedang – Dawuan) seksi 4, seksi 5 dan seksi 6 rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Selasa (11/7/2023).

Direktur Teknik Operasional PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Bagus Medi Suarso mengungkapprogres pembangunan Tol Cisumdawu secara umum sudah selesai.

“Progres (pembangunan) sudah selesai,” ungkap Bagus saat dihubungi JabarEkspres, Senin (10/7/2023).

Terkecuali, lanjut Bagus, Gerbang Tol (GT) Paseh yang kini hanya tinggal proses finalisasi. Meski demikin, pihaknya memastikan hal itu tidak akan memengaruhi rencana pengoperasian.

“Kecuali yang Paseh hanya tinggal finalisasi gerbangnya, Paseh juga hasil kajian Lalin-nya tidak banyak dan kita masih nunggu finalnya kita tapi tidak akan mempengaruhi pengoperasian,” Ungkapnya.

Bagus memastikan, pembangunan ruas jalan Tol Cisundawu dari mulai GT Cileunyi hingga GT Utama Ujungjaya sudah selesai 100 persen pengerjaannya.

“Jadi intinya ruas tol (Cisumdawu) dari Dawuan sampai ke Cileunyi itu sudah clear (selesai) 101 persen,” ujarnya.

Terkait tarif, Bagus mengatakan hal itu adalah kewenangan pemerintah pusat.

“Kami hanya menyiapkan jalan tolnya saja dan sudah siap untuk dibuka. Kewenangan tarif dan itu (status pengoperasian) ada di pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Direktoral Jenderal Bina Marga,” paparnya.

Peresmian jalan tol Cisumdawu oleh Presiden Jokwi esok juga dikonfirmasi oleh bupati Sumedang Doni Ahmad Munir.

Doni juga telah melaksanakan serangkaian persiapan acara kunjungan kerja Presiden di wilayahnya.

“Iya besok positif Jokowi akan membuka jalan Tol Cisumdawu. Dan, nanti selanjutnya rencananya ada kunjungan ke pasar dan sebagainya,” ungkap Dony.

Dony mengatakan pelaksanaan peresmian bakal berlangsung di Gerbang Tol (GT) Utama Ujungjaya, Kabupaten Sumedang.

“Peresmiannya di Gate Tol Utama Ujungjaya,” ujarnya.

Pemkab Sumedang berkoordinasi dengan TNI, Polri, Sekretariat Presiden, Paspampres, dan pihak terkait lainnya untuk mematangkan rencana agenda peresmian itu.

“Kami saat ini sedang mematangkan kesiapan di lapangan dan sudah siap untuk lebih mematangkan di lapangan,” terangnya.

Dari total panjang sekitar 62 kilometer, Tol Cisumdawu yang sudah benar-benar beroperasi atau bertarif yaitu dari mulai Gerbang Tol (GT) Cileunyi hingga GT Cimalaka atau dari Seksi 1 hingga Seksi 3.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan