8 Cara Berjualan Online untuk Pemula, Tips Sukses Jualan Online yang Wajib Kamu Ketahui!

JABAR EKSPRES – Berjualan online pada dasarnya dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki keinginan, termasuk kamu yang baru mempunyai keinginan untuk mencobanya. Di era sekarang kebutuhan pembeli untuk berbelanja secara online sangat tinggi, semua berkat kemampuan manusia yang mampu mengembangkan teknologi menjadi canggih sehingga memudahkan dalam banyak hal bisnis online.

Bank Indonesia mencacat nilai transaksi perdagangan elektronik atau e-commerce menembus angka 401 Triliun Rupiah pada 2021. Berkembangnya bisnis online dapat dibuktikan dengan kasat mata dengan melihat banyaknya platform jual beli yang semakin menjamur.

Hal tersebut tentu membuka peluang besar untuk para pebisnis baru agar bisa berkembang dan maju.

Namun berjualan online harus dilandasi dengan keilmuan supaya bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik dan benar.

Simak informasi cara berjualan online untuk para pemula ini agar kamu dapat langsung mempraktikannya.

1. Menyelesaikan Masalah yang Dibutuhkan Konsumen

Kamu bisa memulai bisnis online dengan cara mencari masalah yang sedang dihadapi pasar. Tidak perlu cemas kehabisan ide, karena selalu ada masalah pada konsumen.

Oleh karena itu kamu perlu untuk melakukan observasi baik secara daring atau pun luring. Semakin banyak masalah yang kamu temukan pada konsumen lalu kamu dapat menyelesaikan akar masalah tersebut, maka semakin banyak juga pilihan produk yang dapat kamu tawarkan terhadap konsumen.

2. Riset Market

Selanjutnya kamu melakukan riset market atau pasar. Pada dasarnya riset tersebut bertujuan agar kamu memahami atau memastikan kondisi market tersebut layak atau tidak untuk dijadikan tempat penjualan produk kamu.

3. Menentukan Target Market

Berikutnya cara berjualan secara daring untuk pemula adalah memilih target market dari produk yang akan kamu jual. Untuk mensimplifikasi target market kamu harus memahami psikografi dan demografi.

Psikografi berkaitan dengan hobi, nilai yang dianut oleh target market yang kamu incar, dan ketertarikan. Sementara untuk demografi berkorelasi dengan gender, usia, lokasi tempat tinggal, tingkat pendidikan, dan pekerjaan.

Baca Juga: Cara Menambah Viewers YouTube dengan Cepat Mudah

4. Analisa Pesaing

Kamu pun diharuskan untuk menganalisis pesaing, ihwal tersebut penting untuk mengetahui sejauh mana nilai produk yang mereka tawarkan dan apakah produk yang kamu jual mempunyai nilai yang lebih sehingga mampu untuk menyainginya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan