PAD Kota Bandung Tahun 2022 Tembus Angka Rp2 Triliun

JABAR EKSPRES – Pendapatan asli daerah (PAD) Kota Bandung di tahun 2022 berhasil menembus angka Rp2,183 triliun. Angka tersebut merupakan 89 persen dari target tahun ini.

“Di tahun 2022 capaian pajak daerah Kota Bandung saya pikir sudah menghadirkan angka yang sangat baik yakni Rp2,183 triliun. Walaupun capaiannya dari target itu 89 persen,” kata Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna pada Kamis, 6 Juli 2023.

Ema Sumarna merasa optimis dengan pendapatan daerah yang terus bertambah. Terlebih, di tahun 2023 ini banyak rangkaian libur panjang sekolah dan cuti bersama. Hal ini membuat peluang pelancong datang ke Ibu Kota Jawa Barat itu meningkat.

“Libur panjang kemarin ini cukup banyak yang datang ke Bandung. Saya pikir ini bisa menjadi hal baik dan berkorelasi dengan pendapatan yang diperoleh Kota Bandung,” ujar Ema Sumarna.

BACA JUGA: Proyek BRT Bandung Raya Dapat Lampu Hijau dari Pemkot Bandung

BACA JUGA: Didanai Bank Dunia, BRT Bandung Raya akan Mulai Dibangun Tahun 2024

Lanjutnya, hal ini juga berkaitan dengan usaha Pemkot Bandung dalam menjumlahkan APBDP di tahun 2023. Pihaknya juga akan memantau sejauh mana peluang pendapatan itu bakal berlangsung.

Bappelitbang dan Bapenda nantinya akan membantu Pemkot Bandung dalam mengukur secara optimal pencapaian pendapatan guna memenuhi belanja di tahun ini.

Maka dari itu, Ema Sumarna itu mengimbau kepada semua organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemerintah Kota Bandung untuk menindaklanjuti rekomendasi dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan).

“Ada batasan waktu 60 hari kerja, artinya harus selesai tanggal 29 Juli,” katanya. (*)

BACA JUGA: Pemkot Bandung Kaji Parkir Berlangganan, Pendapatan Retribusi Bakal Naik 1000 Persen

BACA JUGA: Inilah Sosok Wali Kota Bandung yang Ideal Menurut Ridwan Kamil!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan