Inilah Daftar Stadion yang Bisa Digunakan Sebagai Pengganti GBK di Piala Dunia U 17

Jabar Ekspres – Indonesia telah dipilih oleh Dewan FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U 17 2023 menggantikan Peru yang sebelumnya ditunjuk pada 23 Juni lalu.

Peru tidak berhasil memenuhi persyaratan infrastruktur sebagai tuan rumah acara tersebut, meskipun sudah ditetapkan sebagai tuan rumah beberapa tahun yang lalu.

Salah satu infrastruktur utama yang harus disiapkan untuk menyelenggarakan acara tersebut adalah stadion. Untuk hal ini, Indonesia sudah memiliki persiapan yang memadai, mengingat sebelumnya pernah ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

BACA JUGA: JIS Tidak Layak Untuk Pildun U17, PUPR: Akan Kami Perbaiki Dalam Tiga Bulan!

Meskipun Indonesia tidak menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 setelah FIFA membatalkan acara tersebut di Indonesia, alasan resmi pembatalan tersebut tidak pernah diungkapkan oleh FIFA. Namun, diyakini bahwa penolakan terhadap kehadiran tim nasional Israel dari berbagai elemen masyarakat mempengaruhi keputusan FIFA.

Untuk Piala Dunia U-20, Indonesia telah menyiapkan enam stadion yang telah melewati proses verifikasi dan inspeksi oleh perwakilan FIFA. Keenam stadion tersebut adalah Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Manahan (Solo), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung), dan Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta).

Keenam stadion tersebut sudah dianggap layak untuk menyelenggarakan Piala Dunia U-20, meskipun masih ada beberapa evaluasi yang perlu dilakukan, seperti tempat parkir dan penambahan ruangan VIP.

Saat ini, PSSI masih belum mengumumkan nama-nama stadion yang akan menjadi tempat pertandingan Piala Dunia U 17. Informasi terbaru menyatakan bahwa PSSI sedang mempersiapkan 10 stadion untuk acara tersebut.

Meskipun demikian, keenam stadion yang disebutkan di atas diyakini masuk dalam daftar calon tempat penyelenggaraan Piala Dunia U 17.

Dalam salah satu arahannya, Presiden Joko Widodo juga telah meminta Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, untuk mempertimbangkan stadion lain sebagai lokasi pertandingan acara tersebut.

Hal ini terutama dikarenakan Stadion Utama Gelora Bung Karno akan digunakan untuk konser grup musik Coldplay pada 15 November, sementara Piala Dunia U-17 dijadwalkan berlangsung dari 10 November hingga 2 Desember.

Tinggalkan Balasan