Ide Game Seru untuk MPLS Lengkap dengan Contoh Susunan Acara Selama 3 Hari

JABAR EKSPRES – Musim tahun ajaran 2023/2024 akan segera dimulai, maka akan ada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dilaksanakan disetiap sekolah untuk menyambut kedatangan para peserta didik baru. Ada beberapa ide game seru untuk mengisi kegiatan MPLS disekolah.

Berbagai kegiatan seru salah satunya ide game MPLS akan dipersiapkan untuk memberikan kenyamanan agar proses adaptasi para siswa baru ini menjadi efektif. Kegiatan ini selain para peserta didik baru juga akan melibatkan siswa dengan tingkatan yang lebih tinggi juga OSIS sebagai panitia dan juga para guru bagian kesiswaan sebagai pengawasnya.

Sebelum disebut MPLS, kegiatan ini dulunya disebut dengan istilah MOS (Masa Orientasi Siswa) yang biasanya kegiatannya berisi berbagai aktivitas terkait sekolah dan lingkungannya.

Ide Game MPLS

Tujuan diadakan permainan pada saat MPLS/MOS ini adalah untuk membuat siswa baru semakin dekat dan akrab dengan sesama siswa baru lainnya, juga mengenal kakak kelasnya.

Beberapa game ini bisa di dimasukkan dalam sesi Icebreaking, atau disela-sela sesi acara resmi seperti sambutan agar memecah kebosanan atau menghilangkan kantuk.

Berikut beberapa ide game seru untuk acara MPLS.

Tebak Kata atau Kalimat

Dalam pelaksanaannya, permainan ini dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari 5 – 10 orang. Untuk melakukan permainan ini salah satu perwakilan kelompok harus memperagakan kata atau kalimat yang tertera, kemudian siswa lainnya akan menebak kata atau kalimat tersebut.

Baca juga :  10 Daftar Lengkap Yel Yel MPLS SMP, SMA/SMK yang Seru dan Mudah Di hafal

Ekor Naga

Pada permainan ini siswa harus membentuk kelompok dan berbaris memanjang seperti ular. Siswa yang berada di barisan terakhir harus dikaitkan dengan balon, kemudian siswa lainnya harus berpegangan pada pinggang temannya, lalu siswa yang berapa di barisan terdepan harus memecahkan balon yang ada.

Tepuk Tangan

Panitia dapat memberikan instruksi ketika ia bilang Senin, maka peserta harus tepuk tangan sekali. Kegiatan games seperti ini juga dapat dilakukan di sela-sela beberapa pihak yang sedang memberikan sambutan atau pidato, agar suasana menjadi seru dan tidak tegang ataupun mengantuk.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan