Cetak Wirausahaan Bidang Kuliner, LPP Ariyanti Kolaborasi dengan Mahasiswa Pendidikan Masyarakat UPI Dalam Program PWK

JABAREKSPRES – Departemen Pendidikan Masyarakat, Fakultas Ilmu Pendidikan UPI Bandung selenggarakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

 

Departemen Pendidikan Masyarakat, bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (LPP) Ariyanti dalam program MBKM tersebut.

 

Adapun tujuan diadakannya program MBKM itu, diharapkan mahasiswa dapat memperoleh pengalaman belajar melalui program service learning kepada masyarakat luas.

 

Sehingga nantinya bisa mengembangkan kepemimpinan dan keterampilan abad 21, yaitu berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi.

 

Pada kegiatan MBKM tersebut, diketahui terdapat dua mahasiswa yang melakukan program MBKM di LPP Ariyanti, Natasya Ariffa Januaristy dan Retno Wahyu Ningrum dengan dosen pembimbing Iip Saripah.

 

Direktur LPP Ariyanti, Ishviastuti Oskar mengatakan, pemilihan dalam spesialisasi di bidang kuliner karena melihat potensi kuliner di Bandung yang sangat menjanjikan setiap tahunnya.

 

“Ditambah dengan adanya bantuan program PKW, peserta didik mendapatkan pelatihan dan pembinaan secara gratis sekaligus bisa membuka usaha dengan modal yang diberikan,” kata Ishviastuti belum lama ini.

 

“Banyak peserta didik yang kini sudah berhasil mengembangkan atau membuat brand kuliner sendiri. Mereka juga sudah ada yang membuka toko sendiri untuk menjual produk mereka,” lanjutnya.

 

Ishviastuti menerangkan, sejalan dengan diadakannya program MBKM prodi, Departemen Pendidikan Masyarakat telah menetapkan beberapa mitra.

 

“Lokasi kegiatan yang telah disesuaikan dengan kriteria mitra, lokasi kegaiatan dengan tujuan program MBKM prodi dalam melaksanakan KKN tematik dan magang,” terangnya.

 

Diketahui, mitra merupakan kelompok masyarakat dan atau industri pendidikan di dibidang pendidikan masyarakat yang sesuai dengan tiga jenis konsentrasi yang ada di Departemen Pendidikan Masyarakat, yaitu PPSDM, PM , dan PNFI serta mitra yang ditunjuk merupakan lembaga atau kelompok yang memiliki perjanjian kerjasama dengan UPI.

 

“Departemen Pendidikan Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia telah bekerjasama dengan LPP Ariyanti yang sesuai dengan salah satu konsentrasi yang ada di Departemen Pendidikan Masyarakat yaitu PPSDM yang sejalan dengan visi dan misi LPP Ariyanti,” ucapnya.

 

Secara singkat, Yayasan Pendidikan Ariyanti didirikan pada tanggal 4 Desember 1968 oleh Ibu Arymbi yang pada saat ini lebih dikenal dengan nama Dr Ariyanti. Berlokasi di Jalan Pasirkaliki Nomor 127-129-131 Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan