SMPN 58 Belum Punya Gedung tapi Sudah Terima Siswa Baru

JABAREKSPRES.COM, BANDUNG SMP Negeri 58 Kota Bandung belum memiliki gedung sekolah. Tetapi, sekolah yang secara koordinat ditetapkan di Kecamatan Cinambo itu sudah membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Seperti pada PPDB SMP Negeri kali ini, data dari ppdb.bandung.go.id yang diakses Rabu (5/7) siang tercatat ada 66 siswa mendaftar di sekolah tersebut. Rinciannya 17 siswa jalur afirmasi RMP, 3 siswa jalur prestasi akademik, dan 46 siswa jalur zonasi.

Baca juga: Kesempatan Bagus 25 Jurusan Sepi Peminat! Pendaftaran UNNES Jalur Mandiri Masih Buka Sampai 6 Juli 2023

Sekolah tersebut memiliki kuota 32 siswa. Terdiri dari 6 siswa jalur RMP, 8 siswa jalur prestasi akademik, dan 18 siswa jalur zonasi.

Berkaitan dengan kondisi tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Hikmat Ginanjar mengungkapkan, mekanisme pembelajaran untuk siswa SMP Negeri 58 nantinya adalah memanfaatkan gedung sekolah terdekat.

“Memanfaatkan gedung SMP di sekitar situ (Kecamatan Cinambo.red),” ucapnya saat di jumpai selepas pertemuan internal dengan Wakil Ketua DPRD Kota Bandung, Selasa (5/7).

Hikmat juga mengakui bahwa gedung sekolah yang baru memang masih ada kendala dalam proses pembangunan.

“Ketika akan dibangun ada kendala akses jalan,” imbuhnya.

Hikmat menambahkan, kondisi serupa sebenarnya tidak hanya di SMP Negeri 58. Tetapi masih ada sekolah lain di Kota Bandung.

“Ada beberapa tapi saya harus lihat data,” kilahnya.
Sementara itu, hasil penelusuran Jabar Ekspres, salah satu kondisi sekolah yang serupa adalah SMPN 73. Sekolah tersebut memiliki koordinat di Jalan Jendral Sudirman 587 Kota Bandung. Tapi untuk proses pembelajarannya dilaksanakan di Gedung SMP Negeri 6 di Kecamatan Andir.

Sedangkan progres pembangunan SMPN 58 sebenarnya Dinas juga telah mendapatkan lahan. Lokasinya tidak jauh dari Kantor Kecamatan Cicendo.

Baca juga: Beasiswa Paragon 2023 Masih Buka Sampai Agustus! Cek Jadwal dan Syaratnya Sekarang

Hanya saja memang akses masuk ke lahan tersebut terbatas. Hanya ada jalan kecil dengan lebar sekitar 1 meter di samping kantor kecamatan. Kecamatan Cinambo sendiri merupakan satu satunya kecamatan di Kota Bandung yang belum memiliki SMP Negeri.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan