DPR: WNI Bebas Keliling Papua Nugini Tanpa Ribet Visa!

JABAR EKSPRES – Warga Negara Indonesia (WNI) kini diperbolehkan mengunjungi Papua Nugini tanpa harus repot mengurus visa. Wakil Ketua Badan Kerja sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Supadma, mengungkapkan bahwa parlemen Papua Nugini telah meratifikasi RUU tentang Bebas Visa Indonesia.

“Ratifikasi bebas visa untuk WNI ke Papua Nugini sudah diketok, disahkan, dan ditandatangani,” ujar Putu dalam keterangannya di Jakarta pada Selasa, 4 Juli 2023.

Diharapkan, kunjungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Papua Nugini yang direncanakan pada Rabu-Kamis, 5-6 Juli 2023, akan membahas mengenai kebijakan bebas visa ini.

Baca Juga: 8 Orang Palestina Tewas dan Puluhan Luka-Luka Akibat Operasi Militer Israel Terbaru di Tepi Barat

Menurut Putu Supadma, tinggal tinggal Papua Nugini mengumumkan resmi tentang RUU bebas visa bagi WNI.

“Presiden (Jokowi) tentu saja ingin meningkatkan hubungan bilateral antara kedua negara ke arah yang lebih baik. Semoga ketika berada di sana, presiden dapat menyampaikan bahwa warga Indonesia bisa masuk Papua Nugini tanpa visa,” ungkapnya.

Dengan demikian, salah satu bentuk kerja sama antara parlemen Indonesia dan parlemen Papua Nugini dalam hal RUU Bebas Visa untuk Indonesia telah tercapai.

Selain itu, rute penerbangan langsung dari Bandara Ngurah Rai, Bali, ke Bandara Internasional Jacksons Port Moresby, Papua Nugini, juga telah diresmikan.

“Papua Nugini membuka pintu dengan mewujudkan bebas visa dan adanya penerbangan langsung dari Bali ke Papua Nugini. Ini merupakan sejarah bagi kedua negara,” tambah Putu.

Baca Juga: Jumlah Umat Protestan di Jerman Anjlok Drastis, Apa yang Terjadi?

Presiden Joko Widodo saat ini sedang melakukan kunjungan ke Sydney, Australia, dan Port Moresby, Papua Nugini, mulai dari Senin (3/7) hingga Rabu (5/7). Jokowi menganggap Australia dan Papua Nugini sebagai sahabat baik dan mitra strategis Indonesia di kawasan.

Kunjungan Presiden Jokowi disambut hangat oleh Perdana Menteri (PM) Australia, Anthony Albanese, saat berada di Sydney. Terlihat jelas ketika PM Albanese mengajak Presiden Jokowi untuk naik kapal dari Dermaga Admiralty House menuju Dermaga Taronga Zoo pada Selasa, 4 Juli 2023.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan