Cek Fakta NASA Peringatkan Kiamat Internet Terjadi pada Tahun 2025

JABAR EKSPRES – Beberapa media memberikan informasi bahwasannya NASA memperingatkan badai matahari yang berpotensi menyebabkan kiamat internet.

Namun apakah benar NASA memberikan informasi peringatan tentang kiamat internet tersebut? Simak sampai selesai.

Badai matahari terjadi ketika gangguan di atmosfer terjadi di Bumi akibat aktivitas di Matahari, khususnya semburan matahari.

Suar ini dikeluarkan dari Matahari dan dapat berdampak pada apapun yang mereka temui di planet kita.

Saat matahari menjadi lebih aktif, badai matahari menjadi lebih parah dan kuat. Sementara frekuensi badai ini dapat bervariasi, badai geomagnetik yang paling intens dapat menyebabkan gangguan pada pengoperasian satelit, sinyal radio, dan koneksi internet.

Apa yang akan terjadi pada internet?

Peningkatan aktivitas Matahari menimbulkan bahaya bagi satelit, pesawat ruang angkasa, dan astronot di luar angkasa karena tingkat radiasi yang lebih tinggi.

Aktivitas matahari ini juga menimbulkan risiko bagi Bumi dengan menyebabkan badai geomagnetik yang kuat yang dapat mengganggu komunikasi radio frekuensi tinggi dan sistem GPS.

Gangguan ini berpotensi menyebabkan pemadaman atau penutupan internet.

Pada tahun 2012, terjadi badai matahari besar yang nyaris menyebabkan kerusakan yang signifikan. Namun, peristiwa penting terakhir yang besarnya serupa terjadi pada tahun 1859 dan dikenal sebagai “Peristiwa Carrington”.

Selama waktu itu, badai geomagnetik sangat kuat, menyebabkan jalur telegraf memberikan kejutan listrik kepada operator dan bahkan menyebabkan kebakaran sendiri.

Badai hebat ini juga menyebabkan aurora, biasanya terlihat di dekat kutub, terlihat di seluruh dunia.

Apa yang akan dilakukan badai dengan intensitas yang sama sekarang?

Jika badai matahari dengan besaran yang sama seperti yang terjadi pada tahun 1859 terjadi hari ini, hal itu dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada perangkat elektronik satelit yang mengorbit Bumi.

Hal ini akan menyebabkan gangguan pada sistem navigasi dan komunikasi penting, termasuk sinkronisasi waktu GPS yang diandalkan oleh internet.

Peningkatan radiasi elektromagnetik di atmosfer akan menghasilkan arus yang sangat besar di jaringan listrik kita, yang dapat menyebabkan kegagalan transformator listrik dan pemadaman listrik yang berkepanjangan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan