Update! Inilah Rincian Korban, Rumah, dan Fasilitas Umum Terdampak Gempa Bantul, Yogyakarta

JABAR EKSPRES – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berkoordinasi menangani dampak gempa magnitudo 6,4 di wilayah Bantul, (Daerah Istimewa Yogyakarta). Seperti diketahui bahwa gempa magnitudo 6,4 pada Jumat, 30 Juni 2023 malam hari.

Kemudian BNPB dan BPBD mencatat korban dan rumah terdampak gempa magnitudo 6,4 di wilayah Bantul, Yogyakarta. Bahkan tercatat ada satu warga setempat yang dilaporkan meninggal dunia Tidak hanya di wilayah Jawa Tengah, BNBP dan BPBD setempat juga terus berkoordinasi dengan BNPB dan BPBD Provinsi Jawa Tengah.

Berdasarkan informasi dari rilis resmi BNPB, dikutip JabarEkspres.com pada Sabtu, 1 Juli 2023, tercatat ada satu warga meninggal dunia dan satu lainnya luka ringan di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Sedangkan di Kabupaten Tegal, tercatat ada satu warganya luka ringan.

BACA JUGA: Waspada! BMKG Ingatkan Potensi Gempa Susulan di Bantul, Yogyakarta

Kemudian, BPBD Kabupaten Kebumen di Jawa Tengah melaporkan ada 11 Kepala Keluarga (KK) warganya terdampak, satu KK (2 jiwa) di antaranya mengungsi. Sedangkakan di Kabupaten Purbalingga tercatat ada 4 KK (15 jiwa) terdampak. Hingga saat ini, petugas BPBD setempat masih melakukan pendataan dan penanganan darurat di lapangan.

Sementara itu, total rumah rusak akibat gempa tercatat sebanyak 93 unit dengan tingkat ringan hingga sedang. Jumlah tersebut kemungkinan akan bertambah, lantaran petugas masih terus melakukan pendataan rumah terdampak di wilayah DIY, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Rincian Rumah Terdampak Gempa

Sebaran di Provinsi Jawa Tengah

1. Kabupaten Kebumen

Rumah rusak ringan 8 unit dan rusak sedang 2 unit

2. Kabupaten Magelang dan Tegal

Rumah rusak masing-masing sebanyak 1 unit

3. Kabupaten Purbalingga

Rumah rusak 4 unit

Sebaran di Provinsi Jawa Timur

1. Kabupaten Pacitan

Rumah rusak sebanyak 28 unit

Sebaran di wilayah DIY

1. Kabupaten Bantul

Rumah rusak 30 unit

2. Kabupaten Gunung Kidul

Rumah rusak 19

Selain tempat tinggal, dampak gempa juga menyasar fasilitas umum seperti tempat ibadah, sekolah, pemerintah, kesehatan maupun jaringan listrik.

Rincian Fasilitas Umum Terdampak Gempa

1. Kebumen, Jawa Tengah

Kerusakan ringan fasilitas ibadah sebanyak 1 unit dan jaringan listrik di Kebumen.

2. Gunung Kidul, DIY

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan