6 Cara Mengatasi Memori HP Android Penuh

JABAR EKSPRES – Saat melihat notifikasi memori HP penuh pasti menjadi hal yang cukup mengganggu. Apalagi ketika dibutuhkan untuk menyimpan file atau saat ingin merekam video. Tapi tenang, kamu bisa simak 6 cara mengatasi memori HP Android penuh dalam artikel ini.

Notifikasi memori penuh umumnya memang terjadi pada HP Android. Untuk itu, pengguna HP Android harus cermat dalam mengelola penyimpanan dalam ponselnya. Meskipun bisa menambah memori eksternal, nyatanya memori penuh di HP Android tetap tidak dapat dihindari.

Lantas bagaimana cara untuk mengelola penyimpanan di ponsel? Yuk simak 6 cara mengatasi memori HP Android penuh dengan mudah berikut ini.

Baca Juga: Cara Atasi HP Kena Hack, Segera Lakukan Hal Ini!

6 Cara Mengatasi Memori HP Android Penuh

1. Hapus File yang Tidak Diperlukan

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah menghapus file yang tidak diperlukan, seperti foto, video, dan dokumen yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Kamu dapat menggunakan aplikasi File Manager bawaan atau aplikasi pihak ketiga untuk melihat dan menghapus file-file tersebut.

2. Hapus Cache Aplikasi

Cache aplikasi adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi di perangkatmu. Cache ini bisa menjadi besar dan memakan ruang yang berharga di memori internal. Buka Pengaturan, pilih Aplikasi, lalu pilih aplikasi yang ingin kamu bersihkan cache-nya. Di dalam pengaturan aplikasi, kamu akan menemukan opsi untuk membersihkan cache.

3. Pindahkan Aplikasi ke Kartu SD (jika ada)

Jika perangkat kamu memiliki slot kartu SD, kamu dapat memindahkan beberapa aplikasi ke kartu SD. Buka Pengaturan, pilih Aplikasi, dan pilih aplikasi yang ingin kamu pindahkan. Di dalam pengaturan aplikasi, akan ada opsi untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD jika dukungan tersebut tersedia.

Baca Juga: Resmi Rilis, Begini Cara Gunakan Fitur Bisukan Nomor Tidak Dikenal di WhatsApp!

4. Hapus Data Aplikasi yang Tidak Penting

Selain cache, ada juga data aplikasi yang terkait dengan penggunaan aplikasi tertentu. Buka Pengaturan, pilih Aplikasi, dan pilih aplikasi yang ingin kamu hapus datanya. Perhatikan bahwa langkah ini akan menghapus semua pengaturan dan data yang terkait dengan aplikasi tersebut, jadi pastikan kamu tidak akan kehilangan data yang penting.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan