Tips Berkendara Efektif dan Efisien Supaya Bahan Bakar Motor Irit

JABAR EKPRES – Apabila Anda menginginkan bahan bakar motor irit, ada beberapa tips yang dapat dilakukan. Oleh karena itu pada artikel ini kami akan berikan tips-nya.

Seperti yang kita tahu, untuk mendukung kegiatan sehari-hari sebagian besar orang masih memilih menggunakan sepeda motor. Selain karena kemudahan penggunaannya, efisiensi konsumsi bahan bakar juga menjadi salah satu pertimbangannya.

Oleh karena itu, ada beberapa tips yang perlu di perhatikan dalam gaya berkendara yang efektif dan cara merawat kendaraan dengan benar guna mendukung efisiensi konsumsi bahan bakar.

Baca juga : Intip Perbedaan Spesifikasi dan Fitur Honda BeAT Indonesia dan Malaysia 

Menurut Muhamad Arief, Instruktur Yamaha Riding Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Berkendara sepeda motor sebagai pilihan banyak orang karena praktis dan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Oleh karena itu, di perlukan penyesuaian cara berkendara seperti menjaga kecepatan, merencanakan perjalanan, dan merawat sepeda motor dengan baik.

Berikut adalah beberapa tips mengendarai sepeda motor dengan efisiensi agar irit bahan bakar.

1. Periksa Tekanan Ban

Tekanan udara pada ban mempengaruhi konsumsi bahan bakar sepeda motor. Oleh karena itu, pastikan tekanan ban sesuai dengan standar pabrikan dan periksa secara berkala.

Ban yang kurang tekanan akan memiliki permukaan yang lebih lebar, meningkatkan gesekan antara ban dan jalan. Hal ini akan membuat kinerja mesin lebih berat dan meningkatkan konsumsi bahan bakar.

2. Rencanakan Perjalanan

Merencanakan rute perjalanan dengan baik sangat penting untuk menghindari konsumsi bahan bakar yang tidak perlu. Pilih rute terdekat, hindari jalan macet, dan siapkan rute alternatif jika di perlukan.

Dengan perencanaan perjalanan yang baik, jarak tempuh dapat di kurangi dan konsumsi bahan bakar dapat lebih efisien.

3. Hindari Akselerasi Mendadak

Memutar gas secara mendadak untuk mendapatkan akselerasi cepat akan meningkatkan konsumsi bahan bakar. Oleh karena itu, sebaiknya hindari kebiasaan ini.

Gaya berkendara agresif juga memerlukan kewaspadaan yang lebih tinggi oleh pengendara dan orang di sekitarnya. Selain itu, sering berhenti dan memulai perjalanan juga dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan