Sapi Ngamuk, Petugas Diskar PB Jadi Panitia Kurban Dadakan

JABAR EKSPRES – Aksi penyelamatan yang dilakukan petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung memang ada-ada saja. Kali ini petugas dengan seragam khas warna biru itu jadi panitia kurban dadadakan. Gegaranya, sapi yang hendak disembelih warga mengamuk.

Ya, petugas Diskar PB adalah satu dari sejumlah petugas yang tidak libur di peringatan Hari Raya Idul Adha. Di momen tersebut umat muslim di Bandung juga banyak yang melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

Makanya, peristiwa kegawatan yang membutuhkan penyelamatanpun tidak sedikit muncul dari kegiatan tersebut. Seperti yang terjadi di Jalan Babakan Tarogong No 9, Kecamatan Bojongloa Kaler, Kamis (29/6). Seekor sapi kurban ngamuk saat disembelih warga.

Panik dengan kondisi itu, warga pun kemudian minta bantuan kepada petugas Diskar PB Kota Bandung. “Kami terima laporan dari warga, ada sapi mau disembelih tapi ngamuk,” jelas Kasi Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung, Erwin, Jumat (30/6).

Tanpa pandang bulu, petugas Diskar PB langsung meluncur ke lokasi. “Sapi kurban itu mengamuk sampai tali pengikat hidungnya lepas,” imbuh Erwin.

Terlanjur basah mandi sekalian. Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung yang datang ke lokasipun berhasil mengamankan sapi kurban tersebut. Tapi petugas tidak hanya berhenti setelah sapi berhasil ditangkap.

Petugas juga turut membantu proses penyembelihan hingga tuntas. Agar, sapi tersebut tidak kembali mengamuk dan membahayakan warga. “Tidak sampai ada korban jiwa dalam kejadian itu,” sambung Erwin.

Erwin menambahkan, sejauh ini aksi penyelamatan hewan kurban itu baru satu laporan kejadian yang masuk. Selama ini Petugas Diskar PB memang tidak hanya fokus pada penanganan kejadian kebakaran. Petugas telah banyak terjun dalam berbagai peristiwa kegawatan di Kota Bandung.

Mulai dari evakuasi kecelakaan, evakuasi sarang tawon, evakuasi kucing, ular, hingga evakuasi cincin.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan