Ciri-ciri Kadar Kolesterol Naik, Waspada Jika Menemukan Salah Satunya

JABAR EKSPRES – Saat Hari Raya Idul Adha datang, saatnya memiliki stok daging kurban yang melimpah. Biasanya orang akan mengolahnya menjadi aneka makanan yang membbuat kalap saat menyantapnya, hingga akhirnya berdampak pada kadar kolesterol naik. Ketahui apa saja ciri-ciri kolesterol naik di sini.

Namun banyak juga yang kurang paham dengan ciri-ciri kolesterol naik, sehingga mengabaikannya dan tiba-tiba terserang penyakit yang berbahaya.

Untuk mencegah serangan penyakit secara tiba-tiba, sebaiknya kamu ketahui apa saja ciri-ciri orang dengan kolesterol tinggi. Agar kamu bisa langsung mengantisipasinya sebelum berdampak semakin parah.

Kadar kolesterol yang tinggi sangat berbahaya terhadap kesehatan tubuh, karena bisa memicu penyakit yang mengancam jiwa, seperti stroke, hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.

Meski begitu, kolesterol sesunggunya tetap dibutuhkan oleh tubuh, untuk membantu meningkatkan sistem imun, memperlancar pencernaan, membentuk hormon, serta menciptakan vitamin D alami.

Baca juga :  Buah Ini Dipercaya Bisa Turunkan Kolesterol, Bikin Idul Adha Aman Makan Daging

Namun kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) yang berbahaya jangan sampai berlebih dalam tubuh. Jika berlebihan, kolesterol ini akan menumpuk plak dalam pembuluh darah sehingga rawan terjadi penyumbatan.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, berikut adalah ciri-ciri kadar kolesterol naik :

1. Mudah mengantuk

Kolesterol tinggi dalam darah membuat darah tidak optimal mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya, otak memberikan respons dengan menguap. Waspadai tanda kolesterol tinggi apabila terlalu sering menguap secara tidak wajar.

2. Kesemutan

Kesemutan pada kaki, tangan, atau bagian tubuh tertentu merupakan salah satu gejala aliran darah tidak lancar. Akibatnya, ada saraf yang tidak mendapat pasokan darah yang optimal. Adapun kondisi aliran darah tidak lancar bisa disebabkan oleh kolesterol.

3. Pegal pada Tengkuk atau Pundak

Tengkuk atau pundak karena kekurangan suplai oksigen dan darah akibat penumpukan kolesterol. Segera atasi agar tidak berkelanjutan.

Baca juga : Daging Sapi dan Kambing, Mana yang Banyak Mengandung Kolesterol?

4. Nyeri di Kaki

Ciri-ciri kolesterol naik berikutnya adalah nyeri pada kaki, ini  bisa jadi merupakan gejala kolesterol tinggi akibat tersumbatnya aliran di arteri, sehingga aliran darah ke kaki pun menjadi terhambat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan