5 Tips Diet Sehat untuk Tubuh Ideal Menurut Pakar Gizi UGM

Oleh karena itu, perlu meningkatkan konsumsi buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan kalori tubuh. Dengan asupan kalori yang cukup, tubuh tetap bugar dan optimal dalam beraktivitas.

5. Puasa

Puasa dapat membantu menurunkan berat badan karena mengurangi frekuensi makan di bandingkan dengan pola makan normal. Pendekatan diet puasa ini juga di kenal sebagai intermittent fasting.

Terdapat beberapa metode puasa yang populer, seperti puasa setiap 3 hari sekali per minggu, puasa 2 hari sekali per minggu, atau puasa bergantian sehari puasa sehari tidak.

Dr. Mirza menekankan bahwa saat menjalankan program diet, di sarankan untuk mencari konsultasi atau pendampingan dari tenaga profesional.

Baca juga : Kenali Gejala Kanker Usus Besar yang Bisa Mengancam Nyawa

Setiap orang memiliki kebutuhan dan kondisi tubuh yang berbeda, oleh karena itu perlu memperhatikan dan menyesuaikan program diet sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu.

Dr. Mirza juga memberikan pesan kepada mereka yang sedang menjalankan program diet untuk tetap di siplin dan mengingat tujuan awal mereka. Kegagalan program diet sebagian besar di sebabkan oleh kurangnya di siplin saat menjalankannya.

“Kuncinya adalah disiplin. Meskipun mendapatkan konsultan terbaik dan program terbaik, jika kita tidak memiliki disiplin, maka kemungkinan besar program tersebut akan gagal,” ungkapnya.

Dengan memperhatikan lima kunci diet sehat ini, diharapkan individu dapat menjalani diet yang seimbang, efektif, dan berdampak positif terhadap kesehatan tubuh mereka.

Penting untuk diingat bahwa menjaga keseimbangan pola makan, berolahraga secara teratur, dan mendapatkan dukungan dari tenaga profesional dapat membantu mencapai tujuan penurunan berat badan dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan