WFA Resmi Berlaku Bagi ASN! Bupati Bandung Barat: Itu Bisa Menghemat Anggaran

JABAR EKSPRES – Pemprov Jawa Barat (Jabar) resmi menerapkan sistem kerja work from anywhere (WFA).

Peresmian WFA dilakukan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (19/6/2023) lalu.

Menyikapi kebijakan itu, Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengaku sepakat dengan sistem kerja tersebut. Hanya saja, perlu ada kriteria dan kajian yang mendalam untuk menerapkan hal itu di daerah.

“Pro kontra pasti ada, namun hal itu pastinya sudah dikaji dengan matang oleh pemerintah,” kata Hengky di Padalarang, Kamis 29 Juni 2023.

Hengky menilai, kebijakan tersebut tak lepas dari fenomena berkerja selama masa pandemi Covid-19. Sebagian ASN menunjukan performa menyakinkan.

Terpenting, lanjut Hengki, dalam menerapkan WFA itu. Kemampuan pegawai, menjadi salah satu poin yang harus mendapat perhatian dalam penerapan kebijakan tersebut.

“Tidak sembarang menerapkan WFA, bagian terpenting itu dari sisi kinerjanya tercapai,” katanya.

“Jadi WFA saya pikir engga masalah, terutama bagi ASN yang memiliki prestasi di bidangnya,” sambung dia.

Ia menegaskan, kebijakan WFA juga turut berdampak pada efisiensi anggaran. Seperti menurunkan anggaran perjalanan dinas. Hal itu terlihat saat pemerintah menerapkan work from home dimasa pandemi COVID-19.

“Mudah-mudahan sistem ini bisa berdampak baik terhadap efisiensi anggaran. Terlihat saat pemerintah menerapkan WFH, dan itu bisa menghemat anggaran,” tandasnya. (Mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan