Kang Banoen Sulap Bambu Jadi Kerajinan Tangan Yang Bernilai Ekonomis, Mulai Dari Mobil Antik Hingga Lokomotif

JABAR EKSPRES – Berawal dari hobi bermain bambu sejak kecil, Suryana warga Kota Batu, Kabupaten Bogor memanfaatkan bambu untuk dijadikan kerajinan tangan yang bernilai ekonomis.

Lewat keahlian dan kreativitasnya itu, berbagai jenis bambu seperti bambu hitam, bambu andong dan bambu tali disulap menjadi banyak produk.

Saat ini ia melakukan inovasi dengan membuat miniatur seperti mobil klasik, helikopter, pesawat, becak, tank baja dan lokomotif. Dari sebelumnya hanya membuat gelas, tempat roko, korek danlainya.

” Kalo sekarang saya buat miniatur miniatur kendaraan, baru mulai lagi dua bulan kemarin produksi, kalo produk yang lainnya itu saya mulai dari tahun 2013,” kata dia kepada Jabarekspres.com, Kamis (29/6).

Dengan memakai alat, sederhana pria yang kerap disapa kang Banoenitu tetap konsisten dan menciptkan produk yang bagus dan menarik.

“Hanya pakai alat pisau ruat, gunting, piso kater dan gerindra. Alhamdulillah terus saya teukinin saja usaha ini,” tambahnya.

Untuk produk sendiri, sambung Banoen dipasaekan keseluruhan wilayah Indonesia dan diekspor keluar luar negeri.

“Dulu sempat kirim ke turki, Jepang, Amerika untuk oleh-oleh disana lewat teman,” sambung.

Produk hasil kerajinan bambu itu ia jual dengan harga kisaran dari 150 sampai 500 ribu rupiah tergantung ukuran dan tingkat kesulitannya.

Bagi warga atau masyarakat yang mau mesan produk dapat menghubungi Facebook, Instagram di @bonoensoerya atau bisa berkunjung ke Workshops saung Oprek Banoen di Kota Batu, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor. (SFR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan