Bolehkah Puasa Arafah Tapi Masih Hutang Puasa Ramadhan?

JABAR EKSPRES – Hari ini bertepatan dengan Hari Arafah pada 9 Dzulhijjah 1444 H yaitu umat islam disunnahkan untuk melaksanakan puasa Arafah.

Puasa Arafah dijelaskan dalam hadits memiliki keutamaan yang dapat dilakukan umat muslim menjadi salah satu ibadah sunnah di bulan Dzulhijjah.

Bahkan, Rasulullah SAW menjelaskan puasa Arafah ini bisa menghapus dosa setahun yang lalu dan satu tahun yang akan dating. Berikut sabda Rasulullah SAW disebutkan dalam HR Muslim:

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Artinya: “Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharam) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim)

Lantas bagaimana jika masih punya hutang puasa Ramadhan, bolehkah mengerjakan puasa Arafah? Berikut penjelasannya yang dapat diketahui.

BACA JUGA: Daftar Harga Sapi dan Kambing Kurban 2023 di Baznas, Mulai 2 Jutaan!

Bolehkah Puasa Arafah Tapi Masih Hutang Puasa Ramadhan?

Mengutip dari penjelasan Syekh Muhammad Jaber di Instagramnya @syekh_muhammad_jaber, jawabannya adalah sangat boleh dengan 2 (dua) pilihan.

Pertama, puasa Arafah dengan niat puasa qadha Ramadhan.

“Tetap mendapatkan dua pahala, menunaikan qadha Ramadhan dan dapat pahala Arafah menghapuskan dosa 2 tahun. Insyaa Allah dapat dua-duanya,” ujar Syekh Muhammad Jaber di Instagramnya @syekh_muhammad_jaber pada Selasa (27/6/2023).

Kedua, khususkan niat untuk puasa Arafah.

“Boleh puasa sunnah padahal masih punya puasa wajib qadha, sangat boleh karena hari Arafah hanya 1 hari saja, tapi puasa qadha Ramadhan masih ada kesempatan lagi,” ujar Syekh Muhammad Jaber.

Syekh Muhammad Jaber juga menjelaskan bahwa lebih suka pilihan kedua.

“Saya lebih suka pilihan kedua yaitu khususkan niat untuk hari Arafah dan bulan depan ada hari Asyuro, hari-hari yang istimewa. Saya suka niatnya khusus untuk hari itu,” jelas Syekh Muhammad Jaber.

Demikian penjelasan seputar bolehkah puasa Arafah meskipun memiliki hutang puasa Ramadhan yang dapat diketahui.

BACA JUGA: Virus Oz Itu Apa Terjadi di Jepang, Benarkah Bahaya Bagi Kesehatan?

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan