Kondisi Atap Sudah Tak Layak, Masjid Agung Cimahi Bakal Direhab

JABAR EKSPRES  – Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cimahi, Endang mengatakan tahun ini Masjid Agung Cimahi bakal direhab.

 

Tahapannya sudah masuk proses lelang. Rehab bagian atap mesjid bersejarah ini dijadwalkan rampung pada Oktober 2023.

“Tahun ini Mesjid Agung Cimahi akan direhab di bagian atanya saja karena sudah banyak yang bocor,” kata Endang melalui sambungan telepon, Senin (26/6).

Menurut dia, anggaran yang digelontorkan untuk rehab bagian atapnya ini dari APBD Kota Cimahi senilai Rp5 miliar.

“Bagian atap saja akan dibarukan, tidak ada penambahan pelebaran. Kemudian untuk fasilitas lainnya belum ada rencana perehaban karena masih layak,” ucap dia.

Menurut dia, usia atap masjid agung sendiri sudah lebih dari 15 tahun. Sehingga saat ini, kondisinya sudah tidak layak dan harus segera diperbarui.

“Kondisi mendesak untuk diperbarui itu bagian atapnya. Kekuatan konstruksi atap space frame yang sudah berusia lebih dari 10 sampai 15 tahun, sehingga dirasa perlu ada penggantian konstruksi struktur atap menjadi stuktur baja,” ujarnya.

“Rencana desain tidak terjadi perubahan bentuk atap hanya merubah struktur menjadi Baja dan penutup atap. Untuk proses pekerjaanya dijadwalkan mulai bulan Agustus,” kata Endang menambahkan. (MG6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan