Universitas Pendidikan Indonesia Wisuda 2.157 Mahasiswa, Siap Bersaing di Era Industri 4.0

Dewasa ini, kata Prof Solehuddin, UPI menghadapi tantangan cukup besar di era Industri 4.0 yang ditandai dengan perubahan eksponensial. UPI harus tetap berada di garis depan dalam perkembangan teknologi, sehingga tidaklah cukup hanya dengan penguatan spesialisasi akademik, tetapi perlu membangun kolaborasi lintas-disiplin agar mampu mengantisipasi perubahan, termasuk disrupsi pasar kerja akibat proses digitalisasi di berbagai bidang kehidupan.

“UPI perlu memberikan ruang untuk tumbuhnya adaptabilitas, fleksibilitas, diversifikasi dan diferensiasi sejalan dengan teknologi yang terus berkembang dalam interval waktu yang semakin pendek,” ujarnya.

Baca Juga: Peluncuran Kurikulum Merdeka! Tingkatkan Pendidikan Jawa Timur

UPI perlu menawarkan berbagai program ilmu pengetahuan, teknologi, rekayasa, seni, dan matematika (STEAM), dan melalui pendekatan antar- dan lintas-disiplin UPI perlu melakukan integrasi teknologi terkini dan ter-update untuk melahirkan applied competencies para lulusannya.

Perubahan eksponensial yang terlahir di era perubahan cepat ini menghadirkan beberapa tantangan penting bagi pendidikan guru. Seiring dengan teknologi yang terus berkembang, para pendidik harus siap untuk merancang dan menerapkan praktik pembelajaran yang inovatif dalam rangka mempersiapkan para siswa menghadapi tuntutan era digitalisasi yang masif.

“Untuk ikut serta mengubah dunia dengan melahirkan guru dan tenaga kependidikan yang berkualitas dan mampu menghadapi tantangan zaman yang terus berubah, terdapat beberapa tantangan penting ke depan yang dihadapi oleh UPI,” tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan