Bakal Ada 3.000 Wanita Penari Kecak di Acara Puncak Bulan Bung Karno 2023

JABAR EKSPRES – Bakal ada 3.000 penari kecak untuk menyambut acara peringatan puncak Bulan Bung Karno (BBK) tahun ini di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu, 24 Juni 2023.

Tari kecak tersebut dipersembahkan oleh putra bungsu Bung Karno, Muhammad Guruh Irianto Soekarnoputra alias Guruh Soekarno.

“Saya mungkin mengingatkan dahulu ya, saya di sini menyiapkan suatu cabang kesenian dari Bali, tari kecak,” ujar Guruh, sebagaimana mengutip dari ANTARA.

Hal yang tidak biasa yaitu, tarian kecak yang berasal dari Bali ini akan dibawakan oleh 3.000 wanita.

“Pasti semuanya sudah tahu. Tari kecak itu di Bali ‘kan biasanya ditarikan oleh pria. Akan tetapi, kali ini ditarikan semuanya oleh 3.000 wanita,” katanya melanjutkan.

Diterangkan oleh Guruh bahwa tarian ini pernah dilakukan oleh sang Proklamator RI pada tahun 1958 hingga pagelaran Asian Games 1962.

Tarian kecak yang dibawakan oleh wanita ini berawal dari ide Bung Karno mulai 1958, kemudian berlanjut hingga Asian Games ke-4.

Dengan demikian, ide tari kecak yang ditarikan oleh wanita ini kembali dilanjutkan oleh Guruh Soekarno pada acara Bulan Bung Karno 2023.

Tariak kecak ini akan langsung dipersembahkan oleh anak bungsu Bung Karno yang mengambil judul “soekarnoyana”.

“Bu Mega meminta saya menyiapkan tariak kecak itu yang ditarikan oleh wanita, dan tarian ini saya beri judul biasanya yang di Bali itu tradisional mengambil kisah Ramayana, tetapi ini tentang Bung Karno secara singkat,” ungkapnya.

“Maka. Judulnya adalah soekarnoyana, ya kecak ini,” tuturnya.

Guruh pun menjelaskan kenapa dirinya mengambil judul tersebut, terinspirasi dari kisah dan riwayat Bung Karno.

“Artinya kisah Ramayana artinya kisah Sri Rama, ya, riwayatnya Sri Rama. Soekarnoyana kisah atau riwayat tentang Soekarno,” tuturnya.

Persiapan yang dilakukan Guruh ini kurang lebih hanya 1 bulan. Dengan penari yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya.

“Penarinya, tadinya sih saya pengin dari daerah-daerah. Akan tetapi, karena waktu yang sempit itu, saya memutuskan mengambil penari-penari dari Jakarta dan sekitarnya,” ungkap Guruh.

Lebih lanjut, Guruh menjelaskan kenapa wanita berperan penting dalam tarian kecak yang akan ditampilkan pada puncak acara Bulan Bung Karno pada Sabtu, 24 Juni 2023.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan