6 Ciri-Ciri HP Kena Hack, Segera Ketahui Sebelum Terlambat!

JABAR EKSPRES – Penyadapan hingga penyalahgunaan informasi dalam perangkat pasti menjadi kekhawatiran tersendiri. Untuk itu perlu mengetahui ciri-ciri HP kena hack guna melindungi data pribadi kamu.

Ciri-ciri HP kena hack perlu kamu ketahui agar lebih waspada jika mengalami hal-hal yang terjadi dalam ponsel kamu.

Data dalam ponsel pasti merupakan hal penting, karena memuat foto, video, dokumen yang bisa dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, yuk simak ciri-ciri HP kena hack berikut ini.

Baca Juga: Sinyal 3G Telkomsel Dimatikan di 504 Kota, Cek Segera Wilayahmu!

Iklan pop up yang muncul di layar

Munculnya iklan di pop up di layar secara tiba-tiba perlu diwaspadai. Apalagi jika terdapat peringatan aneh yang sangat mengganggu ketika kamu memakai HP.

Iklan tersebut biasanya dapat menguras RAM dan memperlambat kinerja HP.

Performa HP melambat

Jika kamu merasakan performa HP melambat, maka perlu hati-hati. Karena hacker akan memonopoli lalu lintas data dalam perangkat, sehingga saat kamu membuka aplikasi lain dapat terganggu.

Baterai HP cepat habis

Ciri-ciri lainnya adalah saat mengalami baterai HP yang cepat habis. Hal ini diakibatkan oleh ulah hacker yang menginstall aplikasi-aplikasi di belakang layar untuk mengirim semua data dalam perangkatmu.

Selain membuat baterai HP cepat habis, perangkat kamu juga akan lebih mudah panas. Jadi kamu perlu tahu berapa lama batas pemakaian baterai ponselmu secara normal dan jadikan patokan saat baterai tiba-tiba mudah habis.

Baca Juga: Resmi Rilis, Begini Cara Gunakan Fitur Bisukan Nomor Tidak Dikenal di WhatsApp!

Muncul aplikasi aneh di HP yang terinstal otomatis

Perhatikan apakah ada aplikasi yang tiba-tiba muncul di ponsel kamu tanpa kamu rasa penah menginstalnya.

Untuk itu, kamu bisa melihat Riwayat unduhan di Play Store atau App Store agar lebih berhati-hati.

Usahakan juga lebih waspada saat membuka website tidak jelas yang tiba-tiba menginstal aplikasi secara otomatis ke ponselmu. Karena dapat membawa malware yang bisa mencuri data pribadi milikmu.

Kuota Internet yang boros

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan