Tips Sukses dalam Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahap 2, GAS!

JABAR EKSPES – Program beasiswa pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia telah mendapatkan antusiasme tinggi dari masyarakat. Sejak tanggal 8 Juni 2023, pendaftaran seleksi beasiswa LPDP tahap 2 telah dibuka, memberikan kesempatan bagi para calon pelajar untuk melanjutkan pendidikan mereka baik di dalam maupun di luar negeri.

Namun demikian, para pendaftar perlu memperhatikan beberapa hal agar tidak gagal dalam tahapan seleksi administrasi, melansir dari berbagai sumber yang kerap menjadi penyebab kegagalan bagi banyak peserta.

Baca Juga: Perhatian Bunda! Strategi untuk Pendidikan Karakter Anak

Pada tahap pendaftaran beasiswa LPDP tahap 1 sebelumnya, ribuan peserta dinyatakan gagal, yang pada akhirnya diketahui bahwa kegagalan tersebut disebabkan oleh kelalaian peserta dalam menjalani seleksi administrasi.

Berikut ini adalah tiga faktor yang sering menyebabkan kegagalan peserta dalam tahapan seleksi administrasi:

1. Surat Rekomendasi dan Surat Usulan yang Tidak Sesuai Format LPDP atau kadaluarsa:

Peserta seringkali tidak memperhatikan format yang telah ditentukan oleh LPDP dalam menyusun surat rekomendasi dan surat usulan. Terkadang, surat rekomendasi dan surat usulan juga sudah melewati masa berlaku satu tahun. Hal ini dapat mengakibatkan diskualifikasi peserta dalam seleksi administrasi.

2. Sertifikat Bahasa Inggris yang Tidak Terverifikasi atau Tidak Memenuhi Persyaratan LPDP:

LPDP memiliki persyaratan tertentu terkait sertifikat bahasa Inggris, seperti minimal skor yang harus dicapai. Peserta sering kali mengabaikan verifikasi sertifikat bahasa Inggris mereka atau mendapatkan skor di bawah persyaratan yang ditetapkan. Hal ini juga dapat menyebabkan kegagalan dalam seleksi administrasi.

3. Pencantuman Letter of Acceptance (LoA) yang Salah:

Salah satu dokumen penting dalam pendaftaran beasiswa LPDP adalah LoA, yang berfungsi sebagai bukti penerimaan peserta di lembaga pendidikan yang dituju. Peserta sering kali melakukan kesalahan dalam mencantumkan informasi LoA, misalnya tidak mencantumkan tanggal awal intake atau informasi lain yang diperlukan. Kesalahan ini dapat menjadi alasan untuk mendiskualifikasi peserta.

Baca Juga: Perhatikan Persiapan Tes Bahasa Inggris! Beasiswa Luar Negeri

Untuk menghindari kegagalan dalam tahapan seleksi administrasi, peserta diharapkan untuk lebih teliti dan memperhatikan ketentuan yang telah ditetapkan. Pastikan surat rekomendasi dan surat usulan sesuai dengan format LPDP, serta masih berlaku.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan