Cara Urai Rambut Agar Tak Kusut

JABAR EKSPRES- Rambut yang kusut dapat menjadi masalah besar. Memaksa menyisir simpul-simpul rambut yang kusut hanya akan merusak rambut, seperti menyebabkan patah, rapuh, ujung bercabang, dan bahkan kerusakan serius pada kulit kepala.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rambut menjadi kusut. Selain panjangnya, rambut yang kering dan bercabang juga dapat menjadi penyebabnya. Jika rambut Anda kekurangan kelembaban yang cukup, serta gesekan handuk setelah mandi, hal ini juga dapat menyebabkan rambut menjadi kusut.

Dalam artikel yang ditulis oleh laman Makeup.com pada Rabu (21/6), seorang stylist bernama Gina Rivera menyarankan untuk menggunakan kondisioner setelah keramas. Hal ini dapat membantu mengurai rambut karena kondisioner melapisi rambut dan memudahkan sisir atau sikat untuk melalui rambut dengan lebih mudah.

Pilihlah kondisioner yang sesuai dengan kebutuhan dan masalah rambut Anda. Jika Anda memiliki rambut kasar dan keriting, disarankan untuk menggunakan kondisioner tanpa bilas untuk menghilangkan simpul-simpul rambut. Namun, hindarilah penggunaan terlalu banyak kondisioner agar rambut tidak terlihat terlalu berat atau berminyak.

Selanjutnya, Rivera menyarankan untuk menggunakan sikat yang sesuai. Saat menghilangkan kusut, Rivera merekomendasikan sikat dayung atau paddle brush untuk mereka yang memiliki rambut keriting.

Sedangkan untuk jenis rambut yang lebih halus, disarankan menggunakan sisir bergigi lebar. Jarak antar gigi pada sisir memungkinkannya melalui rambut tanpa memberikan tekanan berlebih pada helai rambut yang halus.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengurai simpul-simpul rambut mulai dari ujung rambut dan bekerja menuju kulit kepala menggunakan sikat atau sisir. Sisirlah simpul tersebut dengan gerakan kecil saat Anda bergerak ke arah akar rambut, dan ingatlah untuk bersikap lembut pada rambut Anda.

Memaksakan sikat melalui simpul yang sulit dapat menyebabkan rasa sakit, patah, rapuh, dan ujung rambut bercabang. Oleh karena itu, penting untuk menjaga agar sikatan rambut tetap lembut.

Menurut Rivera, cara terbaik untuk mengatasi rambut kusut adalah dengan mencegahnya sejak awal. Kekeringan dapat membuat rambut lebih mudah kusut, maka menjaga kelembaban rambut adalah langkah pencegahan yang baik.

Tinggalkan Balasan