Rencana Anggaran Disnaker Bandung Diduga Banyak Dobel?

JABAR EKSPRES – Rencana anggaran di Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bandung diduga banyak yang dobel. Hal itu nampak dari sejumlah rencana anggaran yang memiliki kesamaan program.

Pantauan Jabar Ekspres dari Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) atau sirup.lkpp.go.id yang diakses Selasa (20/6), beberapa anggaran yang diduga dobel itu diantaranya sebagai berikut.

Pertama, Dinas merencanakan anggaran belanja sewa bangunan gedung kantor dengan kode RUP 39758741. Nilai anggarannya mencapai Rp 468 juta. Dalam uraian pekerjaannya dijabarkan bahwa anggaran itu diperuntukkan sewa tempat pelatihan.

Tetapi di sisi lain, Disnaker juga merencanakan paket anggaran belanja sewa tempat pelatihan lain. Belanja sewa tempat pelatihan itu disusun ke dalam 12 paket yang berbeda dan di didetailkan dengan jenis kegiatan dan pagu yang berbeda-beda.

Yaitu, belanja sewa tempat pelatihan barber dengan pagu Rp 39 juta, belanja sewa tempat pelatihan barista dengan pagu Rp 114 juta, belanja sewa tempat pelatihan catering dengan pagu Rp 146 juta, belanja sewa tempat pelatihan desain grafis sablon dengan pagu Rp 52 juta, hingga belanja sewa tempat pelatihan terapis pijat dengan pagu Rp 14 juta.

Rencana anggaran yang menarik perhatian lain adalah paket belanja makanan dan minuman rapat. Paket dengan kode RUP 39758738 itu memiliki pagu anggaran Rp 1,5 miliar. Spesifikasi pekerjaan itu dijabarkan untuk alat atau bahan kegiatan pelatihan wirausaha baru (catering dan pastry). Dengan uraian pekerjaan bahan – bahan seperti tepung terigu, vanilla aroma, sedap malam, daun mint, kacang tanah, cabai hijau, tepung terigu, hingga margarine.

Tetapi di sisi lain, Disnaker juga merencanakan paket anggaran bahan atau alat untuk pelatihan catering lain. Sedikitnya ada 77 paket anggaran bahan atau alat untuk pelatihan catering. Hanya saja paket itu untuk kegiatan reses. Paket anggaran juga dibuat setiap jenis bahan catering dengan pagu yang berbeda-beda.

Misalnya, bahan atau alat pelatihan catering (reses) apel malang dengan pagu Rp 26 juta. Lalu bahan atau alat pelatihan catering (reses) ayam giling dengan pagu Rp 36 juta. Hingga bahan atau alat pelatihan catering (reses) wortel dengan pagu Rp 12 juta.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan