DKP Jabar Tebar 300.000 Benur Udang Vannamei di Karawang

Jabar Ekspres – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, Ir. Hermansyah, M.Si melakukan penebaran benur udang vannamei pada Tambak Beton di UPTD Perikanan Air Payau dan Laut Wilayah Utara (PAPLWU) Karawang, Rabu (21/06/2023).

Lokasi penebaran benur, bertempat di UPTD Perikanan Air Payau dan Laut Wilayah Utara (PAPLWU), Desa Pusakajaya Utara Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang. Hadir pada acara tersebut, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, didampingi Kepala UTPD PAPLWU, Abdul Aziz, A.Pi, MP, dan segenap pegawai UPTD PAPLWU Karawang.

Kepala DKP Jabar, Ir. Hermansyah, M.Si mengatakan, kegiatan budidaya perikanan merupakan bagian dari upaya dukungan pencapaian salah satu sasaran Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, yaitu meningkatnya produksi dan produktivitas serta nilai tambah dan daya saing produk Kelautan dan Perikanan.

BACA JUGA: Wagub Uu Ruzhanul Mulai Menanam 1.000 Bibit Pohon

Selain itu, turut mendukung pula terhadap capaian sasaran Gubernur Ridwan Kamil, yaitu Jawa Barat sebagai daerah pertanian, kehutanan, kelautan dan perikanan yang mandiri.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan, yaitu Struktur Ekonomi yang Produktif, Mandiri, dan Berdaya Saing, melalui peningkatan kontribusi ekonomi sektor kelautan dan perikanan terhadap perekonomian nasional.

“Pada tataran praktis, ini adalah suatu penerapan atau aplikasi teknologi dibidang budidaya Perikanan air payau dan laut yang dapat dijadikan suatu percontohan di wilayah Provinsi Jawa Barat dalam mengelola sumber daya Perikanan secara optimal,” katanya.

Mengenai Udang vannamei, Hermansyah menjelaskan, memiliki nama latin Litopenaeus vannamei. Spesies udang yang cukup popular dibudidayakan di Provinsi Jawa Barat, dilihat dari suplai dan permintaan yang relatif tinggi.

BACA JUGA: Sandiaga Uno Deklarasikan Atlas Beach Fest Karya Indonesia Sebagai Beach Club Terbesar di Dunia

Udang vannamei dapat dikembangkan baik secara semi – intensif maupun intensif. Budidaya udang secara intensif dicontohkan oleh penggunaan tambak beton ini.

“Pada tambak beton, budidaya udang dapat dilakukan lebih sering, kepadatan tebar lebih tinggi, serta kemudahan pada persiapan dan pemanenan. Pada siklus ini, dari 300.000 ekor benur udang, diproyeksikan panen mencapai 2.400 kg pada ukuran 100 ekor/kg,” kata Hermansyah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan