Kapal Selam Wisata Hilang saat Menjelajahi Bangkai Titanic, 5 Orang Terjebak

JABAR EKSPRES – Sebuah peristiwa yang mengagetkan terjadi di lepas pantai Kanada Tenggara, ketika sebuah kapal selam ekspedisi pariwisata yang sedang menjelajahi bangkai kapal Titanic dilaporkan hilang.

Kapal yang dioperasikan oleh OceanGate Expeditions telah kehilangan kontak dengan tim penyelamat sekitar satu jam 45 menit setelah memulai penyelaman pada Minggu pagi.

Diperkirakan ada lima orang yang berada di dalam kapal selam tersebut, termasuk Hamish Harding, seorang miliarder asal Inggris yang ikut serta dalam perjalanan tersebut. Pihak berwenang Amerika Serikat dan Kanada segera meluncurkan operasi pencarian dan penyelamatan, termasuk melibatkan upaya pencarian udara dan permukaan, sesuai yang diungkapkan oleh Kementerian Pertahanan Kanada.

Kabar kehilangan ini membuat keluarga dan teman-teman dekat semakin khawatir. Putra tiri Hamish Harding sempat memposting permohonan doa di Facebook, namun postingan tersebut kemudian dihapus.

Baca Juga: Indonesia sebagai Ketua ASEAN Dikhianati oleh Thailand, Ini Sebabnya

Harding sendiri sebelumnya telah mengumumkan kehadirannya dalam perjalanan kapal selam melalui unggahan di Facebook, tetapi sejak saat itu tidak ada lagi kabar dari dirinya.

Ekspedisi ini dimulai dari St. John’s, Newfoundland, pada Jumat dan penyelaman pertama dijadwalkan dilakukan pada Minggu pagi. Biaya perjalanan ini mencapai $250.000 per orang, dan peserta ekspedisi akan melakukan perjalanan sekitar 400 mil (640 km) melintasi Samudra Atlantik menuju situs Titanic.

Untuk mencapai situs tersebut, penumpang naik kapal selam dengan kapasitas lima orang dan membutuhkan waktu dua jam untuk mencapai kedalaman 12.500 kaki (3.800 m) di dasar laut Titanic. OceanGate Expeditions menyatakan bahwa kapal selam tersebut dilengkapi dengan kapasitas oksigen yang cukup untuk mendukung kelima penumpang selama 96 jam.

Operasi penyelamatan sedang berlangsung dengan upaya maksimal dari otoritas Amerika Serikat dan Kanada. Semoga tim penyelamat dapat menemukan kapal selam tersebut dan mengamankan keselamatan seluruh penumpangnya. Kita berdoa agar semua berakhir dengan selamat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan