Idul Adha 2023: Ema Imbau Petugas Kurban Kota Bandung Gunakan Besek agar Lebih Ramah Lingkungan!

JABAR EKSPRES – Plh Wakli Kota Bandung, Ema Sumarna mengimbau pada Idul Adha 2023 ini agar seluruh petugas kurban di Kota Bandung menggunakan besek, guna lebih ramah lingkungan. Karena plastik dan kemasan lain yang sulit untuk terurai.

“Pemotongan hewan ini biasanya identik dengan kresek. Kita imbau agar dalam pembagian daging kurban tidak pakai kresek. Saya imbau pake besek yang terbuat dari bambu supaya bisa hancur,” ujar Ema dikutip JabarEkspres.com dari bandung.go.id pada Senin, 19 Juni 2023.

Ema juga mengungkapkan, banyak aspek yang harus diperhatikan pada Idul Adha Kota Bandung kali ini, khususnya dalam persiapan kurban.

Salah satunya, aspek kesehatan hewan, proses pemotongan, dan pola distribusi yang benar.

Baca juga: Perbedaan Bensin dan Diesel: Karakteristik dan Penggunaannya!

Namun, khusus dalam pembagian atau pendistribusian daging kurban perlu diperhatikan, hal apa yang bisa memberikan dampak negatif terhadap lingkungan.

“Jangan sampai malah menghasilkan banyak sampah yang tidak bisa diurai. Hasil dari pembagian daging ini harus aman untuk lingkungan. Sehingga mudah didaur ulang,” ungkapnya.

Selanjutnya, Ema juga memaparkan, Masyarakat Kota Bandung bisa mencontoh penerapan besek dalam membagikan daging kurban yang sudah dilaksanakan Kelurahan Husein Sastranegara.

“Kita juga harus selalu melakukan antisipasi. Pengawasan awal dan setelah pemotongan harus dilakukan. Kita sudah mulai bergerak,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala DKPP Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar menyatakan, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) guna mempersiapkan wadah daging kurban yang tidak merusak lingkungan.

“Kita akan segera antisipasi, itu juga menjadi salah satu komitmen kita. Jangan sampai daging yang sudah dipotong dengan baik dan sehat, tapi saat proses distribusinya malah menimbulkan penyakit atau masalah lain,” ujar Gin Gin.

Selain itu, setiap kecamatan juga sudah diarahkan untuk mengimbau warganya agar menggunakan bahan nonplastik ketika mendistribusikan daging kurban.

“Banyak alternatif lain, salah satunya besek. Untuk bahan lain juga kita bisa pakai kantong plastik yang mudah terurai, terbuat dari bahan organik juga,” tandasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan