Antisipasi Rabies, DKPP Imbau Masyarakat Lakukan Vaksinasi pada Hewan Peliharaan

Jabar Ekspres – Beberapa hari lalu viral seorang anak asal Buleleng, Bali meninggal dunia akibat terserang gigitan anjing penderita rabies. Hal ini kemudian menyita seluruh pemangku kepentingan, dan menyikapi serius terkait bahayanya penyakit ini.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Kota Bandung, Wilsandi Saefuloh mengajak masyarakat agar segera melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaannya. Apalagi warga pemelihara binatang yang dikhawatirkan mengidap penyakit rabies seperti kucing, anjing, musang dan kera atau monyet.

“Pembawa rabies kan ada 4, kucing, anjing, kera sama musang. Jadi bagi masyarakat yang memelihara keempat hewan tersebut dihimbau agar segera melakukan vaksinasi” kata Wilsandi, Senin 19 Juni 2023.

BACA JUGA: Cegah Sekarang! Ini dia Gejala Rabies pada Hewan dan Manusia!

Agar hal tersebut tidak terjadi di wilayah Kota Bandung, pihaknya bekerja sama dengan seluruh aparat kewilayahan agar terselenggaranya vaksinasi yang masif, sehingga menyentuh kepada seluruh lapisan masyarakat pemilik jenis hewan tersebut.

“kita itu sekarang sedang rutin melakukan vaksinasi untuk rabies, kita sekarang lagi coba susun agendanya. Insya allah mungkin di awal juli kita sudah masif untuk ke seluruh kelurahan” ujarnya

“Kita sekarang sedang meminta data dari setiap kelurahan hewan hewan kepemilikan yang ada di masyarakat khususnya yang tadi” tambahnya

Wilsandi mengungkapkan, agar mempercepat proses vaksinasi rabies kepada hewan, pihaknya bekerja sama dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI). Agar nantinya terkait pemberian vaksin, bisa dilakukan ditiap kelurahan.

“Tahun ini kita sudah sediakan 10.000 vial, tapi kita juga sekarang sedang mau minta juga ke Provinsi Jawa Barat untuk minta tambahan. Mungkin dari sisi jumlah vaksin kita coba untuk perkuat, tapi tadi dari sisi sdm juga kita juga coba perkuat. Makanya kita coba kolaborasi dengan persatuan dokter hewan.” ungkapnya

Adapun terkait ciri-ciri hewan yang terpapar virus rabies dirinya menjelaskan, tingkah laku hewan tersebut akan lebih agresif dan mengeluarkan air liur berlebih. Sehingga masyarakat harus waspada apabila hewan peliharaannya memiliki ciri tersebut.

BACA JUGA: HATI-HATI! Ternyata Rabies Bisa Menular!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan