Adu Penalti, Spanyol Juara UEFA Setelah Mengalahkan Kroasia!

Jabar Ekspres – Spanyol menjuarai UEFA Nations League 2023 setelah mengalahkan Kroasia 5-4 melalui adu penalti pada final yang digelar di Stadion Feyenoord di Rotterdam, Senin pagi WIB.

Penalti Dani Carvajal menjadi gol kemenangan La Furia Roja setelah kedua tim bermain imbang 0-0 usai laga berakhir dan 2×15 perpanjangan waktu.

Trofi ini merupakan trofi pertama timnas Spanyol sejak menjuarai Piala Eropa (Euro) 2012. Spanyol menjadi runner-up di UEFA Nations League 2021 setelah kalah dari Prancis.

Dilansir dari situs resmi UEFA, peluang pertama datang pada menit ke-10. Fabian Ruiz mengirimkan umpan silang di dekat tiang gawang, namun kiper Kroasia Dominik Livakovic gagal menangkap bola. Alvaro Morata menyambar bola dari jarak dekat, namun hakim garis dengan cepat menandainya offside.

Dua menit berselang, Spanyol kembali mengancam. Gavi merebut bola dari Mateo Borozovic lalu menggiring bola ke tepi kotak penalty dan sepakan kaki kanannya yang melebar dari gawang Livakovic.

BACA JUGA: Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2024 Belgia vs Austria

Pada menit ke-30, tendangan bebas Luka Modric disundul Ivan Perisic. Unai Simon mampu mencegah peluan itu. Babak pertama berakhir 0:0.

Spanyol bermain lebih agresif di babak kedua namun Kroasia masih bisa mengimbanginya.

Pada menit ke-56 Spanyol memiliki peluang. Alba mengirimkan umpan silang dari kiri dan Asensio mendapat sundulan bebas. Sayang, bola masih sedikit melambung di atas gawang Kroasia.

Empat menit kemudian, Kroasia memiliki peluang. Pasalic menyundul bola dari sisi kiri, namun sundulannya masih melebar dari sasaran.

Kedua tim berjuang untuk menembus pertahanan satu sama lain dan bola lebih sering berada di lini tengah.

Tidak ada tim yang berhasil mencetak gol hingga akhir babak kedua. Pertandingan memasuki perpanjangan waktu.

Di babak pertama perpanjangan waktu, kedua tim kembali kesulitan menciptakan peluang.

Kroasia akhirnya berbahaya, Kovacic mengirim umpan ke Majer yang masuk ke area penalti. Namun saat hendak menendang bola, Nacho melakukan tekel krusial untuk menggagalkan serangan Kroasia.

Spanyol mengancam melalui tembakan dari Asensio pada menit ke-104, yang diselamatkan Livakovic. Bola rebound disambar oleh Dani Olmo, tapi tembakannya masih melambung di atas gawang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan