Merasa Kesepian dan Tak Ada yang Peduli ? Bisa jadi Gejala Depresi, Ikuti 5 Tips ini Untuk Mengusir Sepi

JABAR EKSPRES – Sabtu malam masih juga ada yang merasa kesepian? kamu sepertinya harus mencoba beberapa tips langkah praktis untuk mengusir rasa kesepian yang kamu alami. Meski kamu tidak mengakuinya, namun rasa kesepian yang berlarut-larut bisa mengganggu kesehatan mentalmu.

Merasa kesepian dan tidak ada yang peduli sering dialami oleh seseorang yang sedang bersedih dan tidak punya tempat untuk mengungkapkan kesedihannya, karenanya perlu ada tips praktis untuk mengusir rasa kesepian dan kesedihan tersebut.

Disadari atau tidak rasa sedih dan kesepian yang dialami berkepanjangan tanpa ada tempat untuk merilisnya, bisa menjadi salah satu gejala gangguan kesehatan mental seperti stres, frustasi atau depresi. Oleh karena itu, sebelum rasa kesepian tersebut menjadi parah, kamu harus mencoba tips mengusir kesepian berikut ini.

Baca juga : Tips Mengatasi Depresi dari Sudut Pandang Islam, Begini Kata Buya Yahya

Memang tidak semua kesepian yang dialami seseorang merupakan tanda bahwa ia depresi. Kesepian yang hanya muncul sesekali saat sendiri merupakan kesepian normal yang masih wajar.

Untuk mengetahui kesepian seperti apa yang merupakan gejala umum dari depresi, berikut penjelasannya, seperti dilansir dari laman halodoc:

1. Gelisah Berlebihan

Perasaan sendirian dan kesepian yang dialami bisa membuat seseorang merasa gelisah luar biasa. Kondisi bisa semakin parah ketika terjadi suatu masalah. Orang yang berpotensi mengalami depresi akan mengalami kegelisahan yang luar biasa, karena merasa tidak ada yang mampu memahami dirinya.

2. Merasa Tidak Berharga

Rasa kesepian yang terlalu berlarut-larut ditambah rasa rendah diri, akan membuat orang semakin berpotensi untuk depresi. Rasa rendah diri itu dapat berupa perasaan negatif bahwa dirinya tidak berharga, serta mulai berlebihan memikirkan kesalahan dan kegagalan yang pernah dialami.

3. Putus Asa

Merasa apa pun yang dilakukan tidak akan ada gunanya atau putus asa, merupakan bentuk emosi yang berbahaya jika beriringan dengan rasa kesepian. Banyaknya kasus bunuh diri akibat depresi selama ini juga banyak disebabkan oleh kesepian yang disertai oleh rasa putus asa. Mereka biasanya akan merasa tidak akan ada keadaan yang berubah, sekeras apapun berusaha.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan