Ide Resep Olahan Daging Kurban Anti Mainstream

JABAR EKSPRES- Berikut ini merupakan resep olahan daging kurban yang antimainstream yakni Daging Kurban Bakar dengan sambal mangga.

Sebentar lagi umat muslim akan merayakan hari raya Idul Adha, yang mana salah satu ibadah yang dilakukan adalah menyembelih daging kurban enatah itu sapi, kambing, atau lembu.

Biasanya masyarakat akan dibagikan daging oleh para pelaksana kurban. Nah bagi Anda yang bimggung dan ingin mencoba hal baru dalam mengolah daging kurban, berikut ini merupakan ide resep olahan daging kurban.

Berikut adalah resep olahan daging kurban yang antimainstream dan bisa menjadi variasi menarik untuk dicoba:

Daging Kurban Bakar dengan Sambal Mangga

Bahan-bahan:

500 gram daging sapi kurban (sesuai pilihan Anda)

2 buah mangga muda, potong dadu kecil

1 buah bawang bombay, iris tipis

3 siung bawang putih, haluskan

2 cm jahe, parut

2 sendok makan kecap manis

2 sendok makan minyak zaitun

1 sendok teh bubuk paprika

1 sendok teh bubuk cabe

Garam secukupnya

Lada hitam bubuk secukupnya

Jeruk nipis untuk perendam daging

Cara membuat:

  1. Potong-potong daging sapi kurban sesuai selera dan rendam dalam air perasan jeruk nipis selama 15-30 menit untuk menghilangkan bau amis.
  2. Panaskan grill atau teflon dengan api sedang.
  3. Campurkan bawang putih, jahe, kecap manis, minyak zaitun, bubuk paprika, bubuk cabe, garam, dan lada hitam bubuk dalam wadah. Aduk rata hingga merata.
  4. Lumuri potongan daging sapi dengan campuran bumbu yang sudah dibuat, pastikan semua bagian terbalut bumbu dengan merata. Diamkan selama 15-30 menit agar bumbu meresap.
  5. Panggang potongan daging sapi di atas grill atau teflon yang sudah dipanaskan. Panggang hingga daging matang dengan tingkat kematangan yang diinginkan.
  6. Sementara itu, dalam wadah terpisah, campurkan potongan mangga muda, bawang bombay iris, sedikit garam, dan perasan jeruk nipis. Aduk rata dan biarkan selama beberapa menit agar bumbu meresap.
  7. Setelah daging matang, sajikan dengan taburan potongan mangga muda yang sudah dibumbui sebagai sambal segar.

Nikmati daging kurban bakar dengan sambal mangga yang segar dan berbeda dari olahan daging biasanya. Hidangan ini cocok disajikan sebagai hidangan utama dalam acara keluarga atau teman-teman. Selamat mencoba!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan