Indonesia Persiapkan Diri 100 Hari Jelang Asian Games XIX/2022

JABAR EKSPRES – Raja Sapta Oktohari, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) atau NOC Indonesia, mengungkapkan bahwa tim nasional Indonesia harus segera mempersiapkan diri karena hanya tinggal 100 hari lagi hingga Asian Games XIX/2022 di Hangzhou, China yang akan berlangsung dari 23 September hingga 8 Oktober 2023.

Okto menyatakan bahwa kontingen Indonesia harus memanfaatkan momentum Asian Games 2022 untuk mencapai prestasi dan mendapatkan persiapan yang sempurna menuju Olimpiade XXXIII/2024 di Paris, Prancis.

Komisi Sport Development (KSD) NOC Indonesia saat ini sedang melakukan review bersama dengan federasi olahraga nasional yang akan berkompetisi di Asian Games.

“Kita tinggal 100 hari lagi menuju Asian Games Hangzhou. Ini berarti kita harus segera mematangkan persiapan. Saat ini KSD sedang melakukan review dan hasilnya akan menjadi rekomendasi yang akan kami berikan kepada Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga),” ujar Okto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta pada Kamis.

Proses review oleh KSD telah dimulai sejak minggu lalu dan dijadwalkan selesai pada akhir pekan ini. Sebanyak 39 federasi nasional dipanggil dalam rangka review tersebut.

Asian Games ke-19, yang merupakan ajang olahraga terbesar di kawasan Asia yang diselenggarakan setiap empat tahun, akan menampilkan 481 nomor pertandingan dari 61 cabang olahraga yang berasal dari 40 disiplin.

Okto berharap Tim Indonesia dapat meraih kesuksesan di Asian Games Hangzhou, terutama karena beberapa cabang olahraga memiliki kesempatan untuk lolos ke Olimpiade 2024 melalui proses kualifikasi.

“Kami mengharapkan Asian Games dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari proses kualifikasi, seperti dalam tinju dan hoki. Juga untuk cabang olahraga lain yang memiliki batas waktu untuk lolos ke Olimpiade yang telah ditetapkan oleh Federasi Internasional. Kami harus dapat memanfaatkan peluang ini sebaik mungkin,” kata Okto.

Pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, Tim Indonesia berhasil meraih posisi keempat dalam perolehan medali dengan 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

Untuk mematangkan persiapan menuju Asian Games 2022 Hangzhou, NOC Indonesia telah menunjuk Basuki Hadimuljono sebagai Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan