Hutang Proyek Sirkuit Mandalika Mencapai Rp4,6 Triliun

JABAR EKSPRES- Holding BUMN pariwisata InJourney, kabarnya tengah menanggung hutang proyek Sirkuit Mandalika sebesar Rp4,6 Triliun.

Hal ini diketahui setelah perusahaan tersebut melalui ITDC mengajukan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp1,19 triliun, di Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR RI pada 14 Juni kemarin.

ITDC merupakan singkatan Indonesia Tourism Development Corporation atau PT Pengembangan Pariwisata Indonesia

Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria menjelaskan utang ini memiliki 2 jangka pembayaran:

  • Rp1,2 Triliun Jangka pendek
  • Rp3,4 Triliun Jangka panjang

la berterus terang bahwa pihaknya tidak bisa menyelesaikan kewajiban utang jangka pendek, maka dari itu ia mengajukan PMN.

“Di dalam proses ini, kami minta PMN (Penyertaan Modal Negara) untuk penyelesaian Mandalika. Kewajiban yang tertinggal dari Mandalika sebesar Rp1,05 triliun (akan dibayarkan untuk utang jangka pendek). Penggunaan dari pinjaman ini adalah untuk memenuhi kewajiban mandalikan yaitu pembangunan grandstand dan lainnya”

Kata Dony Oskaria sebagai Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney

Dalam hal ini DPR Dukung PMN, dengan Catatan:

  • Peningkatan event, agar nggak hanya terselenggara di Maret dan Oktober, mengingat proyek ini merupakan investasi jangka panjang
  • Peningkatan pariwisata, mengingat jumlah kunjungan pariwisata di Indonesia masih belum pulih seperti kondisi normal sebelum pandemi
  • Pengoptimalan situs InJourney, agar dapat diakses dengan Bahasa Internasional, untuk mempermudah wisatawan memperoleh informasi, sehingga cross selling juga dapat dilakukan.

Adapun Rencana Penyelesaian adalah sebagai berikut:

1. Selain itu, InJourney juga tengah berusaha memulihkan perusahaan pengelola Sirkuit Mandalika, yaitu Mandalika Grand Prix Association (MGPA) yang mengalami kerugian, dengan merencanakan:

2. Menghapus event World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, yang menjadi kerugian terbesar Mandalika, yaitu mencapai Rp100 miliar

3. Menggunakan sirkuit untuk ajang internasional yang lebih menguntungkan Mengundang pihak swasta untuk berinvestasi di lahan sekitar Mandalika.

Itulah informasi seputar Hutang Proyek Sirkuit Mandalika yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan