Hari Purbakala Nasional Jabar di Karawang, Wagub Uu: Ini Juga Menjadi Kebanggaan Kami

JABAR EKSPRES – Kabupaten Karawang sukses menjadi tuan rumah Hari Purbakala Nasional ke-110 tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang digelar di Candi Blandongan, Komplek Situs Candi Jiwa, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang, Rabu 14/6 sore.

Sajian Silat Godot dan Tari Candika Pura tampil sangat memukau sebagai persembahan acara yang dihadiri langsung Kemendikbudristek dan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum juga Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana. Hadir pula Anggota DPRD Provinsi Jabar Sri Rahayu, Kadisparbud se-Jabar, Kapolres Karawang, Kajari Karawang dan Sekda Karawang.

BACA JUGA: Wagub Jabar Titip Jaga Persatuan dan Kesatuan Jelang Pemilu 2024

Wagub Uu mengatakan perayaan Hari Purbakala Nasional (HPN) tingkat Jabar memiliki beberapa tujuan penting. Pertama, itu adalah kesempatan untuk menghormati dan mengapresiasi warisan budaya nenek moyang kita.

“Seperti tema HPN tahun ini yakni Hana Nguni Mangke, Tan Hana Nguni Tan Hana Mangke” atau artinya ada dahulu, ada sekarang, tak ada dahulu, tak ada pula sekarang,” kata Wagub.

Selanjutnya, HPN juga berfungsi sebagai panggilan untuk menjaga dan melestarikan situs purbakala yang ada di Jabar, khususnya di Kabupaten Karawang.

“Masyarakat Karawang tentu bangga karena memiliki situs tertua yakni Kawasan Candi Jiwa. Ini juga menjadi kebanggaan kami Pemerintah Provinsi Jabar. Ke depan kita akan menata dan menambah sarana prasarana agar menjadi potensi wisata terkemuka,” ucapnya.

BACA JUGA: Menuju Kontestasi Pemilu 2024, Prabowo: Kita Akan Bersaing dengan Baik

Bupati Cellica menegaskan peringatan HPN tingkat Provinsi Jabar yang diselenggarakan di Karawang menjadi salah satu promosi wisata Cagar Budaya Candi Jiwa. Untuk itu, pihaknya akan terus berupaya memperbaiki dan melengkapi infrastruktur demi meningkatkan aspek perekonomian.

Selain itu, selama lima kali berturut-turut, Candi Blandongan selalu dijadikan lokasi perayaan Hari Waisak bagi Umat Buddha, yang dikunjungi ribuan jamaah dari penjuru daerah di Jabar, Tangerang dan Banten. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan