Viral Mengenai Manfaat Kolostrum di TikTok, Ini Penjelasannya

JABAREKSPRES – Tren terkait kesehatan seringkali muncul secara global di TikTok dan baru-baru ini, banyak pembuat konten yang mempromosikan manfaat kolostrum bagi kesehatan.

Data TikTok menunjukkan bahwa lebih dari 191 juta pengguna telah membahas kolostrum dan manfaatnya bagi orang dewasa.

Namun, apakah cairan pertama yang keluar dari payudara ibu setelah melahirkan benar-benar bermanfaat bagi orang dewasa?

Fakta mengenai manfaat kolostrum bagi orang dewasa

Kolostrum dianggap memiliki manfaat yang signifikan bagi kesehatan, terutama dalam menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menurut She Knows, kolostrum mengandung nutrisi yang sangat baik, bahkan melebihi Air Susu Ibu (ASI). Kolostrum, yang memiliki warna kuning pekat, umumnya memberikan manfaat penting bagi bayi, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, pencernaan, pertumbuhan, dan perkembangan setelah kelahiran.

BACA JUGA: Paling Mujarab, Inilah Rempah Ajaib Penurun Kadar Kolesterol Jahat

Dr. Shara Cohen, seorang ilmuwan dan peneliti imunologi sekaligus CEO dari Cancer Care Parcel, menjelaskan bahwa kolostrum memberikan protein, karbohidrat, dan lipid yang diperlukan oleh bayi baru lahir.

Komponen antibodi dan imunologis dalam kolostrum melindungi bayi dari infeksi.

Biasanya, kolostrum diproduksi oleh ibu dalam dua hari pertama setelah persalinan, sebelum kemudian produksi ASI dimulai.

Namun, jika dikonsumsi oleh orang dewasa, mengonsumsi kolostrum dari ibu hamil bertentangan dengan norma sosial yang berlaku.

Para ahli gizi juga mempertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut melalui kolostrum sapi yang umumnya dijual dalam bentuk bubuk.

BACA JUGA: Mengenal apa itu Penyakit Sifilis , Ternyata bisa Mengancam Nyawa Penderitanya

Kolostrum sapi dianggap sebagai sumber protein yang potensial dan baik untuk kesehatan.

Sarah Rahal, seorang ahli saraf bersertifikat sekaligus CEO + pendiri ARMRA, produsen kolostrum sapi, menyatakan bahwa sifat antiinflamasi kolostrum memiliki manfaat yang baik jika dikonsumsi secara teratur.

Sebuah studi dari India juga menyatakan bahwa kolostrum sapi memiliki kesamaan dengan kolostrum manusia.

Mengonsumsi kolostrum sapi secara rutin dapat membantu meredakan peradangan, memperkuat respons kekebalan di usus, serta mempercepat pemulihan otot setelah berlatih.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan