Manfaat Melakukan Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh!

JABAR EKSPRES – Memperingati Hari Donor Darah Sedunia, berikut di bawah ini akan di bahas mengenai manfaat melakukan donor darah.

Jika kamu ingin mengetahui mengenai apa saja keuntungan bagi tubuh apabila memberi donor darah, untuk itu simak terus artikel ini hingga akhir.

Donor darah sendiri merupakan sebuah kegiatan yang memiliki banyak manfaat baik itu bagi diri sendiri maupun orang lain terutama yang membutuhkan darah.

Berikut beberapa manfaat dari melakukan donor darah:

  • Mendeteksi Penyakit

Jika akan melakukan donor darah di pastikan bahwa kamu akan menjalani serangkaian pemeriksaan terlebih dahulu, prosedur dari melakukan donor darah yaitu melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi penyakit serius.

Pemeriksaan tersebut meliputi HIV, sifilis, hepatitis B, hepatitis C, dan malaria.

Baca Juga: Efek Narkoba Bagi Kesehatan & Kecerdasan Pada Balita!

  • Meningkatkan Produksi Sel Darah

Melakukan donor darah dapat meningkatkan produksi pada sel darah merah, namun hal tersebut akan membutuhkan waktu beberapa minggu.

Oleh karena itu seseorang yang melakukan donor darah secara teratur dan rutin maka tubuhnya akan menstamulasi pembentukan darah baru yang segar.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Donor darah memiliki manfaat untuk memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan pada arteri, dengan melakukan donor darah secara rutin dan teratur maka seseorang tersebut kemungkinan dapat menurunkan risiko serangan jantung.

Selain itu manfaat yang dapat di rasakan seperti meminimalisir kemungkinan risiko kanker, stroke, dan juga serangan jantung.

  • Membakar Kalori

Melakukan donor darah dapat membakar kalori, setiap 450 ml darah mampu membakar sampai 650 kalori.

Oleh karena itu apabila kamu akan melakukan donor darah, kamu perlu dalam keadaan prima agar tidak mengalami efek samping dari donor darah.

Baca Juga: Apa yang Beda Antara ADHD & Autisme? Simak Pembahasannya!

  • Menurunkan Kolesterol

Manfaat lain dari melakukan donor darah adalah menurunkan kolesterol dalam tubuh, karena secara tidak sadar kolesterol akan ikut menurun seiring dengan lamanya pendarahan saat melakukan donor.

  • Menurunkan Risiko Kanker

Di ketahui bahwa kanker sendiri di picu oleh paparan radikal bebas dalam tubuh hingga menumpuk dalam peredaran darah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan