Kiat-Kiat Menjaga Baterai Gawai Supaya Tidak Cepat Bocor

Jabarekspres.com — Baterai handphone merupakan hal yang sangat penting. Kita jadi tidak bisa lagi mendapatkan informasi-informasi penting jika baterai gawai habis, misal.

Maka dari itu, penting untuk melakukan perawatan baterai gawai agar tidak cepat habis, apa lagi bocor.

Percaya atau tidak, hal sepele bisa menyebabkan baterai ponsel cepat habis meski sudah diisi ulang penuh 100 persen.

Mengisi daya baterai hingga 100 persen menjadi keharusan bagi pengguna handphone (HP).

Hal itu bisa mendukung pengguna beraktivitas tanpa khawatir ponsel kehabisan daya.

Berikut ini merupakan empat kebiasaan buruk yang menyebabkan baterai ponsel bocor.

Kesalahan saat mengecas. Satu kebiasaan buruk yang jelas bisa merusak baterai adalah menggunakan ponsel saat gawai sedang mengisi daya.

Hal tersebut bisa membuat perangkat menjadi lebih cepat panas. Jika kamu sering melakukan hal itu, maka jangan heran jika gawaimu jadi cepat rusak.

Ketika ponsel sedang mengisi daya, kamu sebaiknya menggunakan ponsel untuk hal-hal yang penting saja. Biarkan gawaimu mengisi daya hingga penuh.

Jika kamu mempunyai keperluan mendesak yang memaksa menggunakan gawai setiap saat, pilih ponsel yang memiliki teknologi pengisian daya cepat (fast charging).

Memasang aplikasi sembarangan. Mengunduh banyak aplikasi tidak hanya membahayakan keamanan data, namun juga berpengaruh pada kinerja gawai

Unduh aplikasi hanya dari tempat yang resmi karena aplikasi tidak resmi bisa saja memiliki fitur yang menyedot daya baterai.

Nyalakan fitur Power Saving untuk menghemat konsumsi baterai dan Adaptive Battery supaya perangkat bisa menyesuaikan konsumsi daya dengan pola penggunaan.

Secara berkala, bersihkan juga RAM dan ruang penyimpanan supaya kerja ponsel tidak lemot.

Membuka banyak aplikasi. Meski ponsel mendukung multitasking, namun pemakaian yang tidak proporsional bisa membuat baterai cepat habis karena banyak mengonsumsi daya.

Lakukan pemeriksaan secara berkala dan tutup aplikasi yang tidak digunakan melalui task manager.

Lakukan pemeriksaan terhadap aplikasi apa saja yang berjalan di belakang tidak terlihat di tampilan ponsel (background).

Buka Battery and Device Care, kemudian pilih “battery” dan “background usage limit” untuk menonaktifkan aplikasi yang jarang dipakai.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan