Jangan Panik!! Berikut Cara Pertolongan Pertama untuk Orang Pingsan

JABAR EKSPRES – Kehilangan kesadaran atau pingsan dapat di sebabkan oleh berbagai faktor. Ketahuilah langkah-langkah pertolongan pertama yang tepat untuk orang yang pingsan agar Anda tidak keliru dalam bertindak.

Ketika seseorang tidak sadarkan diri atau pingsan, itu berarti mereka tidak dapat merespons dan tidak menyadari sekitarnya. Jangan Panik!! Berikut cara yang bisa kamu lalukan pada pertolongan pertama untuk orang pingsan.

Ketika ada orang yang pingsan penting sekali untuk segera menghubungi layanan darurat atau tim medis karena anda tidak mengetahui penyebab pingsan tersebut.

Baca juga : Efek Bahaya Narkoba Pada Balita, Dampak Mengerikan dan Cara Menyelamatkannya!

Namun, sambil menunggu bantuan medis, ada beberapa langkah pertolongan pertama untuk orang pingsan yang dapat anda lakukan.

Berikut adalah langkah-langkah pertolongan pertama untuk orang yang pingsan:

  1. Pindahkan ke tempat yang aman

Usahakan untuk memindahkan orang yang pingsan ke tempat yang lebih aman. Misalnya, jika pingsan terjadi karena cuaca panas selama upacara bendera, sebaiknya pindahkan mereka ke tempat yang teduh. Jika pingsan terjadi di tempat ramai, pindahkan mereka ke tempat yang lebih tenang dan menjauh dari kerumunan.

  1. Letakkan dalam posisi terlentang

Orang yang pingsan sebaiknya di letakkan dalam posisi terlentang. Menurut Halodoc, posisi kaki sebaiknya ditinggikan sekitar 30 cm dari dada.

Happy Indah Kusumawati dari Departemen Keperawatan Dasar dan Emergensi FKKMK UGM menjelaskan bahwa pingsan terjadi ketika aliran darah ke otak tiba-tiba melambat, sehingga pasokan oksigen menjadi kurang. Menaikkan kaki dapat meningkatkan aliran darah ke otak.

  1. Longgarkan pakaian dan aksesori

Salah satu tindakan pertolongan pertama yang dapat di lakukan adalah melonggarkan pakaian dan aksesori. Misalnya, jika orang yang pingsan mengenakan jaket yang terlalu ketat, buka kancing atau resletingnya. Langkah ini akan memudahkan pernapasan.

  1. Cobalah untuk membangunkan

Saat membangunkan orang yang pingsan, jangan lakukan seperti saat Anda membangunkan pasangan atau adik yang sedang tidur. Menurut Happy, cara yang aman untuk membangunkan orang yang pingsan adalah dengan memeriksa respons dengan menepuk mereka. Jika pasien memberikan respons, itu berarti mereka dalam kondisi aman.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan