Heboh Syahrul Yasin Limpo Diduga Korupsi, Mentan Dikabarkan Sudah Ditetapkan Tersangka oleh KPK

JABAR EKSPRES – Nama Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian (Mentan) kini menjadi sorotan usai lantaran dikabarkan telah ditetapkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebgaai tersangka kasus korupsi.

Sebelumnya, Syahrul Yasin Limpo disebut-sebut terlibat dalam kasus korupsi, hingga dirinya ditetapkan tersangka oleh KPK.

Terkait kabar ditetapkannya Syahrul Yasin Limpo sebagai tersangka kasus korupsi oleh KPK pertama kali diunggah oleh akun Instagram @pedeoproject, dikutip JabarEkspres.com pada Rabu, 14 Juni 2023.

BACA JUGA: Geledah Diskominfo dan PDAM Bandung, KPK Temukan Bukti Baru Kasus Dugaan Korupsi Yana Mulyana

Akun Instagram tersebut mengunggah informasi tentang ditetapkannya Syahrul Yasin Limpo sebagai tersangka kasus korupsi oleh KPK pada Rabu, 14 Juni 2023 hari ini.

Tidak hanya Syahrul Yasin Limpo, ada nama lain yang juga diduga terlibat dalam kasus korupsi tersebut.

Di antaranya yakni beserta KSD selaku Sekjen Kementerian Pertanian dan HTA selaku Direktur Pupuk Peptisida 2020-2022/Direktur Alat Mesin Pertanian 2023 diduga telah melakukan tindak pidana korupsi (TPK).

Syahrul Yasin Limpo, KSD, dan HTA diduga telah melanggar Pasal 12E dan/atau Pasal 12B UU Nomor 20/2001 tentang Perubahan atas UU 31/1999 dan Pasal 3 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU juncto Pasal 56 dan Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

Adapun penyelidikan Syahrul Yasin Limpo dan kedua orang lainnya tersebut dilaporkan telah dilakukan sejak 16 Januari 2023 lalu.

Berdasarkan informasi yang didapat, ketiganya diduga terseret kasus dugaan penyalahgunaan SPJ.

Selain itu, Mentan Syahrul Yasin Limpo juga disebut-sebut terlibat dalam kasus gratifikasi, suap-menyuap, pembantuan hingga penggabungan beberapa perkara.

Atas kabar tersebut, Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu pun angkat bicara.

Asep Guntur Rahayu mengaku bahwa pihaknya sedang membuka penyelidikan kasus dugaan korupsi yang melibatkan politisi Partai NasDem tersebut.

Sebelumnya, Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Denny Indrayana telah membocorkan bahwa dua Menteri NasDem tengah dibidik.

Salah satunya Menteri yang disebut oleh Denny Indrayana berinisial SYL, yakni Syahrul Yasin Limpo.

Meskipun demikian, akan tetapi bocoran yang diungkap Denny Indrayana sedikit meleset.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan