AI Ciptakan Lagu Terakhir The Beatles dengan Vokal John Lenon

JABAR EKSPRES- Paul McCartney, bassist dari The Beatles, mengungkapkan bahwa teknologi kecerdasan buatan (AI) telah membantunya dalam menciptakan lagu terakhir The Beatles dengan vokal asli dari John Lennon.

Dalam sebuah wawancara yang baru-baru ini dilakukan dan dilaporkan oleh Deadline dan The Guardian pada hari Selasa (13/6), McCartney menjelaskan bahwa ia menggunakan AI untuk memisahkan vokal John Lennon dari rekaman demo lama yang dimilikinya. Lagu tersebut direncanakan akan dirilis pada akhir tahun ini.

“Demo itu berasal dari rekaman yang dibuat oleh John, kami dapat mengambil suara John dan membersihkannya menggunakan AI. Kemudian, kami dapat menggabungkan rekaman tersebut seperti yang biasa kami lakukan dalam pembuatan lagu. Jadi, AI memberikan fleksibilitas dalam hal ini,” ungkap McCartney.

Meskipun McCartney tidak secara spesifik menyebutkan judul lagu yang dimaksud, banyak penggemar percaya bahwa lagu dengan vokal John Lennon tersebut berjudul “Now and Then”, yang dibuat pada tahun 1978.

“Now and Then” merupakan salah satu lagu demo dalam kaset yang bertuliskan “For Paul”, yang dibuat oleh John Lennon sebelum kematiannya pada tahun 1980. Kaset tersebut kemudian diberikan kepada McCartney melalui Yoko Ono.

Dari empat demo lagu dalam kaset tersebut, hanya dua lagu yang dianggap layak untuk dimasukkan dalam proyek “Anthology” pada tahun 1995, yaitu lagu “Free As A Bird” dan “Real Love”.

Pada waktu itu, McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr mencoba merekam trek musik pendukung untuk lagu “Now and Then”. Namun, kualitas atau kejernihan suara Lennon dalam rekaman tersebut kurang baik.

Dalam rekaman aslinya, suara dengungan dari peralatan listrik terdengar saat Lennon merekam “Now and Then” di apartemennya.

McCartney menjelaskan bahwa ide untuk mengolah lagu Lennon yang belum pernah dirilis ke publik ini muncul setelah kehadiran film dokumenter “The Beatles: Get Back” (2021) yang disutradarai oleh Peter Jackson.

Teknologi komputer canggih digunakan untuk membersihkan trek vokal dan instrumental lama yang ditampilkan dalam “The Beatles: Get Back”. McCartney juga menggunakan cara serupa dalam tur terbarunya, yang memungkinkannya “berduet” dengan Lennon.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan