4 Makanan Khas Jogja, Apa Saja yang Sudah Kamu Coba?

JABAR EKSPRES – Indonesia memiliki beraneka ragam makanan khas daerah yang wajib di coba salah satunya adalah daerah Jogja.

Jogja sendiri merupakans alah satu derah yang ramai di kunjungi oleh wisatawan baik itu dalam negeri maupun luar negeri.

Selain mengunjungi tempa wisata yang tersedia, kamu juga pasti ingin mencoba berbagai kuliner yang ada di Jogja.

Di bawah ini akan di rekomendasikan beberapa makanan yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Jogja.

Makanan Khas Jogja

  • Gudeg

Berbicara tentang makanan khas, tentu salah satu makanan khas yang populer dari daerah ini adalah Gudeg.

Gudeg merupakan makanan yang bercita rasa manis dan gurih dengan berbagai pilihan lauk pauk di dalamnya seperti ayam, telur, sambal goreng krecek, tempe, tahu, dan masih banyak lainnya.

Salah satu tempat gudeg populer dan memiliki beberapa kedai di Jogja adalah Gudeg Yu Djum.

Baca Juga: 4 Toko Roti & Cake Rekomendasi Kuliner Bandung!

  • Sate Klatak

Sate Klatak merupakan sate yang di buat dengan daging kambing yang di bumbui oleh garam dan ketumbar lalu di tusuk menggunakan tusukan besi.

Keunikan dari sate ini yaitu tusukannya yang tak biasa yaitu dengan menggunakan besi bukan bambu.

Penggunaan tusukan besi ini karena dengan bahan besi dapat menghantarkan panas lebih cepat, dengan begitu saat proses pembakaran daging akan mudah matang secara merata baik itu pada bagian dalam dan luarnya.

Cara penyajiannya juga yang tak kalah unik, dimana sate klatak ini biasa di sajikan dengan kuah gulai atau sambal kecap.

  • Oseng Mercon

Oseng Mercon merupakanan makanan khas Jogja yang cocok untuk para pecinta pedas.

Oseng mercon sendiri merupakan makanan yang terbuat dari tetelan daging sapi atau koyor yang di masak dengan cara di oseng atau di tumis dengan bumbu rempah yang di dominasi oleh cabai.

Nama Oseng mercon sendiri di gunakan karenamakanan ini mememiliki cita rasa pedas yang nikmat, dimana saat memakannya akan merasakan rasa pedas yang seakan meledak di mulut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan